Jumat, 20 Juli 2018

Kepala OPD ”Kaki Tangan” Bupati

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyebut para kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Pandeglang diibaratkan sebagai kaki tangannya (anak buah) bupati. Karenanya, Irna menginstruksikan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) agar bekerja turun ke lapangan. Sebab, dengan berada di lapangan akan memudahkan menampung aspirasi dan keluhan masyarakat.

“Bapak dan Ibu ini kan, kaki tangannya (anak buah) saya (bupati). Jadi harus sering terjun ke lapangan. Sebaliknya jangan hanya duduk manis di meja saja. Lebih baik bekerja ke lapangan, karena banyak manfaatnya. Jika sering ke lapangan, kita bisa mengetahui keluhan dan masukan dari masyarakat. Sehingga kita bisa langsung menindaklanjuti aspirasi dan masukan tersebut,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita di hadapan para kepala OPD saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) di Gedung Garuda, Senin (9/7/2018).

Menurut Irna, selain terjun banyak kerja di lapangan, para Kepala OPD harus memiliki progres yang baik dan sigap dalam mengatasi permasalahan di tengah masyarakat. Selain itu, lanjut Irna, Kepala OPD harus bisa berbagi tugas dengan bawahannya. “Harus bisa berbagi tugas juga dengan semua bawahan. Sehingga walaupun turun ke lapangan, pelayanan masyarakat tidak terganggu,” tuturnya.

Dikatakan Irna, setiap kepala OPD harus ada nomor kontak untuk menampung aduan dan aspirasi masyarakat. Dengan demikian, segala bentuk aduan tersebut bisa ditangani dengan cepat. “Karenanya, saya harap para kepala OPD terus meningkatkan kinerja serta pelayanan masyarakat secara optimal. Karena saya dengan Pak Wakil Bupati, Tanto ingin melakukan lompatan besar untuk membawa perubahan bagi Kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

Hal hampir senada di katakan Sekretaris daerah (Sekda) Pandeglang, Fery Hasanudin. Menurut dia, para kepala OPD harus bisa memantau dan turun langsung ke lapangan untuk melayani masyarakat. Sehingga bisa menyelesaikan permasalahan yang berhubungan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) para kepala OPD.

“Jika sering turun ke lapangan, kita bisa mengetahui dan mengevaluasi apa yang telah kita perbuat. Terutama soal pembangunan yang sudah dilaksanakan. Kita bisa cek pembangunannya, kualitasnya dan sebagainya. Setiap program pembangunan yang belum di kerjakan harus segera diselesaikan. Sehingga dari situ kita bisa mengambil hikmah dengan banyak bekerja di lapangan,” ucapnya. (Iman Fathurohman)*


Sekilas Info

PDAM Pandeglang Perbaiki Tiga Pipa Bocor

PANDEGLANG, (KB).- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang telah memperbaiki kerusakan pipa sambungan rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *