Kepala Desa Harus Kreatif Gunakan Dana Desa

LEBAK, (KB).- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak, Rusito, mendorong agar para Kepala desa (Kades) lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dana desa (DD). Hal itu agar dana yang digulirkan pemerintah tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Semua kades harus kreatif dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Rusito saat kegiatan Bursa Pertukaran Inovasi Desa, Kamis (8/8/2019).

Ia mengatakan, penggunaan dana desa di Kabupaten Lebak cukup besar hingga tahun 2019 mencapai Rp 400 miliar tersebar di 340 desa yang ada di 28 kecamatan. Kades sebagai pimpinan pelaksana pemerintahan desa harus memiliki sikap kreatif dan inovatif untuk pemanfaatan penggunaan dana desa dengan tepat sasaran.

Pencairan dana desa tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.

“Kades harus memiliki inovasi dengan merealisasikan pembangunan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kami yakin kemajuan desa itu karena adanya kreatif dan inovatif kepala desa, termasuk peningkatan SDM serta ekonomi,” ujarnya.

Sementara, Koordinator Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa Kabupaten Lebak Andes Widiansyah menjelaskan, kegiatan bursa pertukaran inovasi desa ini agar kepala desa termotivasi dan direncanakan program-program pembangunan dalam penggunaan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Dimana, bursa pertukaran inovasi desa sehingga kepala desa tertarik untuk merealisasikan pembangunan infrastruktur, SDM dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Pihaknya mengapresiasi dengan komitmen kepala desa yang siap merealisasikan penggunaan dana desa untuk infrastruktur, SDM dan ekonomi.

“Kami mencatat 174 desa dengan 522 orang di 15 kecamatan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan yang inovatif dan kreatif guna mewujudkan kesejahteraan warga setempat melalui dana desa itu,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here