Kepala BPKD Pandeglang: Dana Desa Bisa Kena Pangkas

PANDEGLANG, (KB).- Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pandeglang Ramadhani mengatakan, bantuan dana desa atau DD dari pemerintah pusat untuk Pandeglang bisa berkurang atau terkena pemangkasan jika realisasi dana tersebut tahun 2018 tidak terserap optimal. Pemangkasan dana tersebut besarannya bergantung dari nilai yang tidak terserap tahun sebelumnya.

Menurut Ramadhani, tahun ini saja DD tahap III bisa terancam tak bisa dicairkan. Sebab, masih terdapat 20 desa belum menyelesaikan input dokumen penggunaan dana tahap II, sehingga sampai saat ini belum terserap.

“Besaran DD Tahap III atau yang terakhir nilainya 40 persen dari Rp 231 miliar. Saya ingin bulan November input dokumen penggunaan dana tersebut bisa selesai sehingga bisa diajukan. Sebab berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kementerian Keuangan menyebutkan, pencairan DD paling cepat dua hari setelah pengajuan dan paling lambat 7 hari kerja,” kata Kepala BPKD Pandeglang, Ramadhani kepada Kabar Banten, Sabtu (17/11/2018).

Ia berharap pihak kecamatan agar membantu desa-desa yang belum menyelesaikan input dokumen penggunaan DD. Sebab, ada 15 desa dari 35 kecamatan yang baru menyelesaikan input dokumen penyerapan dana tahap sebelumnya.

“Memang, kalau desanya tidak input dokumen, kecamatan tidak mendorong, maka DD tahap III tidak akan bisa dicairkan. Tentu saja harus kami dorong, karena kalau dana itu tidak cair kasian masyarakat bisa dirugikan akibat kelalaian kepala desa,” tuturnya.

Menurut dia, jika dana desa tahun ini serapannya rendah makan tahun depan bisa kena pemangkasan. “Jadi DD itu tidak bisa menjadi silpa dalam APBD, malahan dana desa tahun berikutnya bisa kena pemangkasan. Misalnya, kalau tahun ini dana itu tidak terserap Rp 100 juta, tentu tahun berikutnya dipangkas Rp 100 juta. Pokoknya, aturan itu langsung dari Kementerian desa,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, untuk mengantisipasi agar tidak ada keterlambatan pencairan DD, pihaknya sedang melakukan pembinaan aparatur desa. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here