Kendalikan Inflasi, Pemkab Lebak Maksimalkan Program 4K

LEBAK, (KB).- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Dede Jaelani selaku Ketua TPID Kabupaten Lebak menyampaikan bahwa pihaknya akan memaksimalkan program 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi dan Komunikasi efektif) dalam upaya mengendalikan inflasi.

“Untuk melaksanakan strategi 4K dengan sebaik-baiknya, kami akan memaksimalkan upaya pengendalian harga berbagai komoditas dan menjalin komunikasi yang efektif dengan para petani dan stakeholder dalam menjaga  ketersediaan dan kelancaran komoditi,” ujar Dede, usai mengikuti Rapat koordinasi ‘Sinergi dan Inovasi Dalam Mendukung Ketersedian Pasokan dan Kelancaran Distribusi Pangan di Daerah’ di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Diketahui, untuk merumuskan tindak lanjut arahan hasil rapat koordinasi nasional tim pengendalian inflasi daerah (TPID) tahun 2019, Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat koordinasi lanjutan antara pemerintah pusat dan daerah untuk mengetahui perkembangan inflasi serta kebijakan dan tantangan yang akan dihadapi ke depan. Serta pengendalian inflasi secara kongkrit dapat diimplementasikan.

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Muh. Hudori menyampaikan bahwa rapat koordinasi pusat dan daerah dapat dijadikan ajang diskusi dan saling memberikan masukan terhadap berbagai hal terkait pengalaman yang telah dilakukan dalam pengendalian inflasi dan memberikan jawaban terhadap sinergi yang harus dilakukan masing-masing daerah dalam upaya pelaksanaan program 4K tersebut.

Ia mengatakan, daerah harus berperan aktif berintegrasi dan berinovasi dalam penanganan pengendalian inflasi.

“Paling tidak ada 5 hal yang harus dilakukan, pertama mengoptimalkan infrastruktur dan logistik melalui sinergitas program pemerintah daerah, kedua mengembangkan kerjasama perdagangan antar daerah yang mengoptimalkan kelembagaan ekonomi dari tingkat desa maupun BUMD, ketiga memperluas inovasi teknologi informasi, keempat melakukan ATM (amati, tiru, modifikasi), kelima mensinkronkan program perdagangan dengan kegiatan perangkat daerah dalam dokumen perencanaan dan penganggaran,” kata Hudori.

Selain mematangkan strategi 4K, kata dia, sasaran rapat koordinasi ini untuk mengetahui peran daerah khususnya TPID dalam upaya memfasilitasi ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi serta mengetahui berbagai potensi tekanan inflasi yang dihadapi daerah, sehingga mendapatkan solusi dari permasalahan dan kebijakan terkait pengendalian inflasi kedepan. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here