Kenalkan Budaya Banten, Pandawa Untirta Gelar Tirtayasa Tradisional Festival 2018

Unit Kegiatan Mahasiswa Pandawa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar Tirtayasa Tradisional Festival, di teater terbuka Untirta, Jumat (23/11/2018). *

SERANG, (KB).- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paguyuban Seni Budaya Tradisional Mahasiswa (Pandawa) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), menggelar Tirtayasa Tradisional Festival (TTF) 2018 bertemakan yang muda yang berkreasi, di teater terbuka Untirta, Jumat (23/11/2018). Kegiatan itu dilaksanakan sejak tanggal 21-23 November 2018.

Ketua Pelaksana Ayu Priatna mengatakan, kegiatan itu rutin setiap tahun dilaksanakan UKM Pandawa, yang diisi berbagai lomba dan pertunjukan seni. Peserta yang mengikuti kegiatan itu terdiri dari siswa SMP, SMA/SMK sederajat dan umum.

“Kegiatan tahunan ini dilaksanakan selama 3 hari. Kami ingin dengan adanya acara ini mahasiswa dan adik-adik dapat mengenal dan mencintai budaya tradisional khususnya budaya Banten. Agar budaya tradisional tidak hilang, peserta yang mengikuti kegiatan ini dari tingkat SMP, SMA/SMK dan masyarakat,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, pada hari pertama ditampilkan perlombaan seni lukis dan daur ulang. Kemudian pada hari kedua ditampilkan pencak silat dan pada hari terakhir perlombaan seni perlombaan tari. Penampilan panggung kreasi yang disajikan dari kokolot atau alumni UKM Pandawa Untirta.

“Selama 3 hari kegiatan diisi berbagai perlombaan dari hari pertama, hingga di hari ketiga ini. Pada hari ketiga ini alumni UKM Pandawa Untirta ikut menampilkan kreasinya. Mudah-mudahan kegiatan ini juga untuk menjaga dan bersilaturahim kepada para peserta. Untuk saling menjaga kebudayaan kita khususnya kebudayaan di Banten,” ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untirta, Suherna, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan UKM Pandawa. Kegiatan itu juga untuk mengenalkan kebudayaan di Banten kepada mahasiswa dan masyarakat.
“Sangat mengapresiasi dan peserta yang mengikuti sangat antusias. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan kebudayaan di Banten dan kita harus jaga dan lestarikan,” tuturnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here