Kenaikan TPP Tenaga Kesehatan Tunggu Hasil Kajian

SERANG, (KB).- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah belum bisa memutuskan besaran nominal kenaikan tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) tenaga kesehatan (nakes). Hal tersebut dikarenakan, pihaknya perlu menunggu hasil kajian dari tim, terkait besaran kenaikan tersebut.

“Sepanjang itu ada aturannya sudah sesuai dengan aturan yang ada ya tidak jadi persoalan (naik),” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada Kabar Banten, Jumat (15/3/2019).

Ia menuturkan, sudah ada tim yang akan melakukan kajian. Namun dalam hal tersebut, menurut dia, yang memutuskan besaran nominal kenaikan tersebut, bukan dirinya. Sebab, biasanya ada tim yang melakukan pengkajian hal tersebut.

“Dikaji dengan nakes di rumah sakit misalnya berapa omzet RS itu. Saya biasanya bagaimana hasil kajian di bawah. Kalau menurut kajian di bawah sudah layak ya enggak apa-apa,” ujarnya.

Kemudian, ucap dia, permintaan kenaikan TPP tersebut, tentu ada dasar dan kriterianya. Kemudian, berapa besaran kenaikannya juga ada aturannya. “Itu ada aturannya kan, saya silakan saja memenuhi semua (aturan) itu,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, jika nanti TPP tenaga kesehatan sudah naik, maka diharapkan pelayanan bisa terus naik secara paralel. “Enggak boleh banyak komplain. Semakin sedikit komplain berarti semakin baik, kalau ada komplain jangan marah berarti introspeksi,” katanya.

Baca Juga: Tenaga Kesehatan Minta TPP Naik

Sebelumnya, Perwakilan Forum Tenaga Kesehatan yang juga fungsional di Puskesmas Anyer Dr Frankie Sudiono menuturkan, selama ini TPP tenaga kesehatan ASN di Kabupaten Serang untuk tenaga fungsional golongan III Rp 590.000.

Besaran TPP tersebut jauh lebih kecil dibandingkan Kabupaten Pandeglang yang mencapai Rp 3,5 juta untuk dokter dan perawat serta bidan di atas Rp 1 juta.

“Apalagi yang golongan II (lebih rendah). Jadi, perbandingannya sangat jauh dengan daerah lain,” ujarnya kepada Kabar Banten saat melakukan audiensi ke Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Kamis (14/3/2019). (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here