Kemensos Bantu Korban Kebakaran Rumah Suku Baduy

mensos kunjungi kebakaran kampung baduy

LEBAK, (KB).- Kementerian Sosial (Kemensos) RI, memberikan bantuan dana dan logistik kepada korban kebakaran rumah suku Baduy Luar di Kampung Cisaban II, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, sebesar Rp 3,4 miliar. Bantuan tersebut diberikan setelah Mensos Khofifah Indar Parawansa, didampingi bupati dan wakil bupati, Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi berkunjung ke lokasi korban kebakaran rumah suku Baduy Luar, Sabtu (27/5/2017).

”Begitu mendengar informasi musibah kebakaran yang menimpa 84 rumah warga suku Baduy Luar di dusun Cisaban, Desa Kanekes. Saya langsung minta Dirjen perlindungan jaminan sosial untuk mengirimkan tim ke sini untuk bersinergi dengan para relawan dan dikomandoi oleh Bupati Lebak,” kata Khofifah di lokasi bekas kebakaran. Ia mengatakan, atas musibah kebakaran itu pemerintah menyalurkan bantuan berupa bahan bangunan rumah (BBR) senilai Rp 25 juta kepada 84 kepala keluarga yang rumahnya terbakar, termasuk bantuan jaminan hidup sebesar Rp 900.000 perjiwa. Sebelumnya, pemerintah melalui Kemensos juga sudah memberikan bantuan logistik kepada para korban kebakaran dengan total anggaran sebesar Rp 3,4 miliar. ”Kita harap bantuan ini bisa membantu warga Baduy yang tertimpa bencana,” ujarnya.

bantuan logistik sangat cukup

Sementara, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, bantuan logistik untuk korban kebakaran sudah sangat cukup. Dari berbagai pihak baik pemerintah pusat seperti Kemensos dan BNPB, Dinas Sosial Provinsi Banten ataupun Pemerintah Daerah dan para donatur serta lembaga perbankan, BUMN yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. “Untuk sementara bantuan logistik di lokasi bencana sudah sangat cukup dan stok cadangan logistik di BPBD Lebak kami lihat cukup banyak.” ucapnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat sudah mulai membangun permukiman sementara untuk masa tanggap darurat. Masyarakat Baduy sudah biasa mandiri dan paham dengan kondisi alam lingkungannya. Dan penanganan korban kebakaran rumah suku Baduy di Kp. Cisaban II, Ds. Kanekes, Kec. Leuwidamar dirasakan sudah cukup. “Untuk saat ini biarkan mereka memulai kembali kehidupan sehari-hari pascabencana kebakaran dengan tenang. Kami yakin warga Baduy bisa mandiri dan paham akan lingkunganya. Tidak perlu lagi kegiatan penggalangan dana untuk warga Baduy. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan. Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlimpah,” tuturnya. (H-38)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here