Kemen PAN RB Bimbing Pra-Evaluasi Sakip

LEBAK, (KB).- Pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) memberikan pendampingan pra-evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Aula Multatuli Sekretariat Daerah, Jumat (2/6/2017). Dalam sambutannya, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyatakan, Pemerintahan Kabupaten Lebak terus berupaya mendapatkan pendampingan yang serius dari tim Kementerian PAN RB untuk meluruskan pandangan dan pemahaman tentang sasaran indikator dan perjanjian kinerja yang masih berorientasi pada output menjadi outcomes.

”Pra-evaluasi SAKIP ini wajib diikuti seluruh kepala dan jajaran perangkat daerah, untuk berkomitmen terus meningkatkan akuntabilitas kinerja guna terwujudnya good goverment dan clean governance,” ucap Bupati Lebak. Bupati menegaskan, pihaknya akan terus menerus menyerukan kepada organisasi perangkat daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan berkomitmen menunjang visi misi bupati dan wakil bupati dimana terdapat keselarasan antara program perangkat daerah dengan visi misi dimaksud serta berupaya menerapkan money follow program sebagai dasar penggunaan anggaran.

Sementara itu Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan kebijakan dan evaluasi reformasi birokrasi, akuntabilitas aparatur dan pengawasan Ronald Andrea Annas mengatakan, nilai evaluasi SAKIP bukan suatu kompetisi tapi sebagai bentuk motivasi dalam menghindari pemborosan anggaran, meningkatkan pelayanan publik dan fokus terhadap kinerjanya. “Tidak cukup hanya kerja saja, tapi harus berkinerja,” tutur Asdep Ronald Andrea.

Dijelaskan, Kementerian PAN dan RB dalam menindaklanjuti PP nomor 60 tahun 2008 dan peraturan presiden nomor 29 tahun 2014 telah melakukan pembinaan kepada seluruh instansi pemerintah, yakni dalam bentuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). ”Pemborosan yang terjadi pada instansi pemerintah dapat dilakukan pencegahan jika implementasi SAKIP telah diterapkan secara konsisten sejak perencanaan dan penganggaran, implementasi SAKIP akan mengarahkan penganggaran yang berbasis kepada outcomes,” ujarnya. (H-38)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here