Kemendes PDTT-Distambun Lebak Monitoring Bantuan RMU

LEBAK, (KB).- Untuk melakukan monitoring bantuan ‘Rice Milling Unit’ (RMU), Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten (Distanbun) Lebak dan Subdit Pengembangan Ekonomi Lokal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, mengunjungi kelompok tani (poktan) di Kecamatan Gunung Kencana dan Wanasalam Kabupaten Lebak, Jumat (15/11/2019).

Kepala Distanbun Kabupaten Lebak, Dede Supriatna mengatakan, ‘Rice Milling Unit’ atau penggilingan padi mempunyai peranan yang sangat vital dalam mengkonversi padi menjadi beras yang siap diolah untuk dikonsumsi maupun untuk disimpan sebagai cadangan.

“Kapasitas giling dari seluruh penggilingan padi yang ada di suatu desa sebaiknya mencukupi baik dari segi produksi maupun penanganan pascapanennya. Dengan demikian, usaha penggilingan padi harus dapat menjamin kelangsungannya, agar usaha pemenuhan kebutuhan akan beras dapat dilakukan secara optimal,” ujarnya.

Ia mengatakan, penanganan pasca panen padi juga perlu diperhatikan dengan baik. “Pemanenan, perontokan, penjemuran, dan penggilingan padi harus dilakukan dengan cara dan teknologi yang tepat untuk menekan susut mutu dan susut jumlah,” katanya. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here