Kemenag Imbau Hati-hati Pilih Travel Umrah

SERANG, (KB).- Minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah sangat tinggi, sehingga Kementerian Agama Banten mengimbau perlu berhati-hati dalam memilih biro perjalanan ibadah haji dan umrah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala seksi (Kasi) Penyelenggara Ibadah Haji Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Banten Deni Rusli, di Kemenang Banten, Kamis (5/9/2019).

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), yakni jemaah haji yang sudah mendaftar selambat-lambatnya 1 tahun harus sudah berangkat, tiga bulan sebelum berangkat, biaya penyelenggara ibadah umrah (BPIU) harus sudah lunas. Jadi tidak benar jika perjalanan ibadah umrah bisa dilaksanakan terlebih dahulu dan membayar belakangan,” kata Deni kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, bagi calon jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah harus terlebih dahulu membayar, kemudian selambat-lambatnya 6 bulan akan diberangkatkan sejak pendaftaran. Bukan memberangkatkan terlebih dahulu baru membayar.

“Bagi masyarakat untuk mengetahui terlebih melihat izin travel tersebut, harus tahu terlebih dahulu travel tersebut resmi atau tidak. Kalau sudah berizin tetapi melakukan kegiatan praktik tersebut tentu harus ditilang,” ujarnya.

Ia mengatakan, di Banten ada 66 travel resmi yang tersebar di kabupaten dan kota, masyarakat harus cerdas untuk menentukan travel mana yang akan dijadikan tujuan untuk beribadah. “Masyarakat harus teliti dalam memilih travel, jangan sampai nanti dapat merugikan diri sendiri,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here