Kemenag Banten Susun Kloter Haji

SERANG, (KB).- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Banten telah memasuki tahapan penyusunan kelompok terbang dari masing-masing kabupaten/kota. Hal itu dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan ibadah haji 2019.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Banten Machdum Bachtiar. Ia mengatakan, tahapan yang dilakukan yakni penyusunan kelompok terbang (Kloter) dari tiap kabupaten dan kota.

“Penyerahan kloter tersebut akan diserahkan ke pusat untuk pembuatan visa haji. Selain itu juga kami sedang melaksanakan bimbingan manasik haji di Kantor Urusan Agama (KUA) 8 kali, dan di Kemenag dan kabupaten/kota 2 kali yakni pra pemberangkatan. Setelah itu, kami juga mempersiapkan untuk pemberangkatan gelombang pertama pada 9-18 Juli mendatang,” kata Machdum saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/6/2019).

Ia mengatakan, persiapan untuk pemberangkatan pada gelombang pertama ada 8 kloter, kemudian pada gelombang kedua ada 18 kloter. 8 Kloter tersebut masuk kloter pertama gelombang pertama yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang.

“Pada gelombang kedua tersebut 18 kloter karena kami ada penambahan kuota. Dan masing-masing kuota di 8 kabupaten dan kuota yakni di Kabupaten Serang 1.203, Kabupaten Pandeglang 1.041, Kabupaten Lebak 712, Kabupaten Tangerang 2.398, Kota Tangerang 1.683. Serta Kota Cilegon 742, Kota Serang 863, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 1.103 jemaah jadi kuota ibadah haji 2019 yakni 9.745,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada satu kloter tambahan belum ada jadwal keberangkatan. Hal tersebut dampak dari penambahan kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 10.000 jemaah. Dengan adanya penambahan kuota tersebut, maka jumlah kloter Provinsi Banten yang semula 24 kloter menjadi 25 kloter.

“Penambahan kloter masih menunggu dari pusat jadi bagi jemaah calon haji yang masuk dalam kloter tambahan tersebut untuk mohon bersabar. Kami berpesan bagi masyarakat yang mempunyai permasalahan bisa datang langsung temui saya,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan, pada pemberangkatan ibadah haji tahun ini ada calon jemaah termuda yakni Indriyani (19) dari Kabupaten Tangerang. Serta ada calon jemaah yang tertua yakni Hendra Tolib (99).

“Kami berpesan kepada seluruh jemaah untuk menjaga kesehatan fisik dan menyelesaikan pelaksanaan manasik haji. Mudah-mudahan perjalanan ibadah haji berjalan dengan lancar serta dapat kembali lagi ke Indonesia,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here