Kemenag Banten Luncurkan Sekolah Haji dan Gerakan Manasik Haji

Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama Banten Machdum Bactiar memberikan sambutan serta meluncurkan sekolah haji dan gerakan manasik haji sepanjang tahun, di Wisma Haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Mulyajati Pandeglang, Selasa (31/12/2019).*

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah meluncurkan sekolah haji dan gerakan bimbingan manasik haji sepanjang tahun, di Wisma Haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Mulyajati Pandeglang, Selasa (31/12/2019).

Peluncuran sekolah haji dan gerakan bimbingan manasik haji sepanjang tahun mengangkat tema “Bersama mewujudkan kemandirian dan ketahanan jemaah haji”.

Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Banten H. Machdum Bactiar mengatakan, diluncurkannya sekolah haji tersebut untuk memberikan pengetahuan tentang manasik haji kepada calon jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci, sehingga mereka sudah memiliki bekal ilmu ibadah.

Dengan demikian, diharapkan jemaah haji tidak bergantung kepada orang lain terhadap ustaz dengan kemampuan manasik haji tersebut.

“Sekolah haji tersebut merupakan program Kemenag Pusat. Kami ingin jemaah dapat belajar manasik haji. Kami informasikan manasik haji kepada masyarakat, Penyelenggara Ibadah Haji (PIH). Lewat sekolah-sekolah, madrasah agar mereka sama-sama memberikan pengetahuan tentang manasik haji,” kata Machdum kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, dengan adanya manasik haji sepanjang tahun tersebut, calon jemaah bisa lebih mempersiapkan diri sebelum berangkat ibadah. Karena tujuan menunaikan ibadah haji tersebut beribadah bukan untuk wisata religi. Menurut dia, pergi ke Tanah Suci itu untuk beribadah sehingga niat dari awal untuk beribadah bukan wisata religi.

“Kami berharap jemaah lebih memahami esensi haji tersebut yakni beribadah bukan untuk melakukan wisata religi dan swafoto. Selain itu, manasik haji sepanjang tahun tersebut merupakan untuk memberikan pendampingan manasik kepada calon jemaah yakni dengan membekali dengan pengetahuan haji secara optimal,” ujarnya.

Sepanjang tahun

Ia mengatakan, manasik haji sepanjang tahun untuk meningkatkan pengetahuan jemaah, dengan memberikan pembekalan yang diberikan terhadap calon jemaah diharapkan dapat memberikan pemahaman karena selama ini belum optimal.

“Kemenag terus meningkatkan kualitas layanan yakni dari transportasi, pelayanan dan perlindungan. Pada 2019 tingkat kepuasan haji meningkat, manasik sepanjang tahun tidak hanya kepada jemaah haji yang akan berangkat namun tahun berjalan saja tetapi juga kepada jemaah haji,” katanya.

Ia mengatakan, setelah Sulawesi Tengah, DI Yogyakarta, kini Gerakan Manasik Haji Sepanjang Tahun diluncurkan di Provinsi Banten. Peluncuran langsung dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Banten yang diwakili Kepala Bidang Penyelenggara Haji Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar.

Selain itu, dilakukan pula deklarasi sekaligus komitmen Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Provinsi Banten untuk segera melaksanakan Manasik Haji Sepanjang Tahun dan menjalankan Sekolah Haji Indonesia di Banten.

“Jemaah haji sangat butuh ilmu perhajian. Dengan dua pelaksanaan itu, yakni Manasik Haji Sepanjang Tahun dan Sekolah Haji Indonesia saya optimistis tingkat kemampuan manasik dan ibadah jemaah haji Provinsi Banten akan naik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, peluncuran tersebut merupakan rangkaian Pelantikan Ketua Wilayah Deni Rusli dan seluruh Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Provinsi Banten Masa Khidmat 2019 – 2024. Dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar FKAPHI HM Affan Rangkuti dan perwakilan pengurus besar, Ketua Wilayah FKAPHI Provinsi Banten Deni Rusli dan seluruh pengurus, Kepala bagian Agama Pemerintah Daerah Banten, seluruh Kepala Seksi PHU Banten, Dinas Kesehatan, IPHI, KBIHU, DMI, tokoh, ulama, jemaah haji, dan pegiat haji lintas kementerian dan lembaga.

“Semua kita harus kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas agar penyelenggaraan ibadah haji sukses. Sukses haji adalah sukses kita semua,” ujarnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here