Kemenag Banten Gencarkan Wakaf ”Goes to Campus”

Kepala Kanwil Kemenag Banten H A Bazari Syam dan Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Banten H Ubik Baihaki beserta peserta "Wakaf Goes to Campus", di Aula Kanwil Kemenag Banten, Kamis (7/11/2019).*

SERANG, (KB).- Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Banten gencar melakukan kegiatan ‘Wakaf Goes to Campus”. Kegiatan “Wakaf Goes to Campus” ini merupakan gerakan perubahan wakaf menuju lebih baik.

Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Banten H Ubik Baihaki mengatakan alasan mendasar kegiatan “Wakaf Goes to Campus” yakni sesuai dengan UU NO 20 tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional pasal 4 ayat 1, adalah meningkatkan nilai keagamaan.

“Kegiatan ‘Wakaf Goes to Campus’ ini sesuai juga dengan UU Nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf yakni meningkatkan nilai kesejahteraan umat sesuai dengan syariat keagamaan Islam,” katanya pada acara “Wakaf Goes to Campus”, di Aula Kanwil Kemenag Banten, Kamis (7/11/2019).

Acara diikuti mahasiswa dari Unbaja, IAIB dan STAIKHA. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Banten H A Bazari Syam.

Ubik mengatakan kelebihan “Wakaf Goes to Campus” yakni karena pihaknya memandang perguruan tinggi sebagai sentral pengetahuan. Selain itu, sebagai basic tranformasi spiritual dan basic kreatif dan inovasi,” katanya.

Ubik menjelaskan wakaf sebagai pemberdayaan ekonomi bertujuan mengurangi belanja pemerintah (bapen/bansos) yakni dengan mengembangkan ekonomi produktif dan menawarkan peluang usaha.

Selain itu, kata dia, dalam upaya mengatasi kesenjangan sosial dengan cara memberantas kemiskinan dan menambah distribusi pendapatan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here