Kemenag Ajak Bijak Bermedia Sosial

Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan pembinaan sadar hukum dan bermedia sosial, di Aula Kemenag Banten, Selasa (19/2/2019).*

SERANG, (KB).- Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan pembinaan sadar hukum dalam bermedia sosial, di Aula Kementerian Agama Provinsi Banten, Selasa (19/2/2019).

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kemenag Banten Lukmanul Hakim mengatakan, media sosial jangan digunakan untuk hal-hal menyebar berita hoax, menyinggung agama, suku, ras atau menyinggung orang lain.

“Dalam menggunakan media sosial harus bijak dan mampu menyaring informasi yang beredar terlebih dahulu, jangan sampai menyebabkan kita masuk ke ranah hukum,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, sangat mudah untuk mendapatkan informasi. Akan tetapi, informasi tersebut belum tentu dapat dipastikan kebenarannya.

“Kami harus memanfaatkan media sosial dengan positif, jangan sampai membuat pesan atau menyebar berita yang memicu terjadinya konflik dan perpecahan. Sebarkanlah informasi yang baik dan benar, yang mampu menjaga kondusivitas di masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Hukum dan Kerukunan Umat Beragama A Bahir Gazali mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengedukasi masyarakat, agar bijak dalam bermedia sosial.

“Saat ini total aduan masyarakat berjumlah hampir 1.440 aduan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Berita-berita yang beredar di masyarakat tersebut paling didominasi oleh penyebar berita hoax,” ucapnya.

Ia menuturkan, pihaknya akan merespons hal tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan pembinaan sadar hukum dalam bermedia sosial. “Kami ingin masyarakat untuk memahami hukum, dalam bermedia sosial dan terhindar dari hukum,” tuturnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here