Selasa, 22 Januari 2019
Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi bersama Ketua Kwarda Banten, Mohammad Masduki menabuh beduk saat membuka acara Kemah Bhakti Adhyasta Pemilu di Lapangan Gedung Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten, Jalan Raya Jakarta - Pakupatan, Kemang, Kota Serang, Rabu (7/11/2018).*

Kemah Bhakti Adhyasta, Bawaslu Gandeng Pramuka Awasi Pemilu

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten mengandeng Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Banten menyelenggarakan Kemah Bakti Adhyasta Pemilu bertemakan “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakan keadilan”, di halaman Kwarda Banten, Rabu (7/11/2018).

Ketua Bawaslu Banten, Didih M Sudih mengatakan, sebelumnya telah bekerjasama dengan elemen masyarakat, sekarang dengan pramuka karena pramuka merupakan institusi yang tidak berkepentingan langsung dengan politik dalam artian tidak memihak salah satu parpol.

“Kami bekerjasama dengan pramuka karena secara organisasi pramuka sangat netral, ini mempunyai kesamaan dengan bawaslu yaitu netralitas secara struktur dari pusat hingga level bawah,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, kolaborasi ini dalam rangka pengawasan dan sosialisasi pemilu. Sebagian besar mereka itu generasi muda yang merupakan pemilih pemula yang nanti akan dibekali. “Nanti akan dibekali tentang pengetahuan pemilu bukan saja untuk dirinya tetapi juga untuk bagaimana memberikan pencerahan dan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, pengawasan secara formal belum tentu, karena syarat jadi pengawas itu 25 tahun dan peserta yang mengikuti kemah ini rata-rata pemilih pemula. “Kami akan kolaborasikan dari tingkat kecamatan yang hadir disini, ada perwakilan ranting dari 155 kecamatan. Kami komunikasikan dan sosialisasikan bagaimana mengawal pemilu di lapangan dengan tertib sesuai peraturan,” katanya.

Ketua Kwarda Banten Moh. Masduki mengatakan, sangat berterimakasih dan mengapresiasi bawaslu provinsi Banten yang sudah memberikan kesempatan kepada adik-adik pramuka untuk ikut dalam kegiatan pengawasan pemilu. “Dilihat dari organisasinya Pramuka itu nonpartisipan dan independen betul-betul netral. Adik-adik pramuka yang usianya cukup, ikut bertanggung jawab dalam pengawasan pemilu,” katanya. (DE/KO)*


Sekilas Info

Dana Desa Kabupaten Serang Naik Rp 20 Miliar

SERANG, (KB).- Anggaran Dana Desa (DD) Kabupaten Serang naik Rp 20 miliar di 2019, jika sebelumnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *