Kekeringan di Kabupaten Serang Meluas

Warga Desa Walikukun, Kecamatan Carenang saat mengantri mengambil air yang dibagikan oleh BPBD Kabupaten Serang, Kamis (26/7/2018).*
SERANG, (KB).- Kekeringan di wilayah Kabupaten Serang terus meluas dibeberapa kecamatan. Setelah sebelumnya Desa Alang alang, Tengkurak dan Berangbang di Kecamatan Tirtayasa, kondisi yang sama pun dialami Desa Walikukun di Kecamatan Carenang.
Kekeringan di sejumlah wilayah tersebut terjadi karena adanya musim kemarau. Selain itu, kondisi ini pun semakin diperparah dengan tercemarnya aliran Sungai Ciujung yang mengalir di beberapa kecamatan yakni Kragilan, Carenang, Lebak wangi dan Tirtayasa.
Kepala Desa Walikukun Kecamatan Carenang Asep Faturohman mengatakan, telah terjadi kekurangan pasokan air bersih di desanya. Hal itu terjadi karena kurangnya curah hujan dan ditambah dengan tercemarnya aliran Sungai Ciujung. “Sudah cukup lama,” ujarnya, Kamis (26/7/2018).
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, akibat kondisi itu, untuk memenuhi kebutuhan air, sebagian warga membeli dari distributor air terdekat.
Pihaknya pun telah melakukan validasi dan verifikasi data. Berdasarkan laporan dari tim di lokasi, bahwa kekeringan terjadi di tujuh kampung. “Jumlah jiwanya ada 1.339 orang,” katanya.
Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko kekurangan pasokan air, maka secara bertahap BPBD Kabupaten Serang melakukan pendistribusian ke lokasi terdampak.
Nana menjelaskan, sampai saat ini bantuan air bersih yang sudah diberikan mencapai 5.000 liter. Air tersebut didistribusikan ke Kampung Astana Tengah RT 002/RW 001. “Sudah 5.000 liter yang didistribusikan,” tuturnya.
Dengan demikian, sejak beberapa hari terakhir kondisi kekeringan sudah meluas sampai di dua kecamatan yakni Tirtayasa dan Carenang. “Hari ini, Kamis (26/7/2018) juga kita kirim bantuan air 5.000 liter ke Kampung Sumpun, Rt 01/RW 02 Desa Alang Alang, Kecamatan Tirtayasa,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here