Kejurnas Balap Sepeda 2018, Banten Gondol Empat Medali

SERANG, (KB).- Pembalap sepeda Banten berhasil menggondol empat medali pada ajang Kejurnas Balap Sepeda 2018, yang diselenggarakan pada 17-22 Juli di Karang Tengah, Yogyakarta. Pada ajang tersebut, atlet balap sepeda Banten meraih dua keping medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Banten, medali emas tersebut masing-masing disumbangkan oleh Faisal yang turun di nomor XCO Men dan Ririn di nomor XCO Women. Kemudian medali perak disumbangkan oleh Angga di kelas senior XCO Men, dan medali perunggu disumbangkan Ririn di kelas XCE Women.

Ketua Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Banten, Agus Prasetyo mengatakan, dengan raihan empat keping medali tersebut Banten menempati peringkat ketiga, di bawah Jawa Timur dan Riau. Ia mengaku bangga dengan prestasi yang diraih pembalap sepeda Banten pada kejuaraan tingkat nasional tersebut, terlebih mereka juga menghadapi sejumlah atlet yang nanti akan turun di ajang Asian Games.

“Saya bangga dengan raihan ini, paling tidak mereka mampu bersaing dengan pembalap sepeda dari daerah lain yang juga beberapa di antaranya merupakan atlet Asian Games. Hasil ini juga menjadi rujukan bagi kami untuk mempersiapkan diri menjelang Pra-PON nanti,” ucapnya.

Ia optimistis pada Pra-PON nanti Banten akan berbicara banyak, terlebih raihan medali emas tersebut salah satunya disumbangkan dari atlet Pelatda Jangka Panjang (PJP) KONI Banten. “Kami itu sudah menyiapkan 5 atlet, 3 atlet yang kami godok habis-habisan, sisanya kami siapkan untuk atlet pelapis dan regenerasi,” tuturnya.

Meski begitu, kata pria yang akrab disapa Yoyo ini, sejumlah Pengprov ISSI se-Indonesia akan mengajukan perubahan usia untuk atlet balap sepeda pada PON, yang rencananya akan diajukan pada Rakernas PB ISSI. Akan tetapi, Yoyo mengaku telah mengantisipasi hal itu dengan menyiapkan atlet junior yang juga sudah berbicara banyak di tingkat nasional.

“Salah satunya Ririn ini yang merupakan atlet pra-junior, dia masih kuliah di Universitas Budi Luhur. Kami mengambil dia dari klub, terus kami bina. Alhamdulillah begitu kami bina Ririn langsung mendapatkan beasiswa atlet berprestasi dari kampusnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaporkan hasil Kejurnas ke KONI Banten, mengingat salah satu atlet PJP KONI Banten berhasil meraih medali emas. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here