Kejuaraan Basket SMA Banten, 18 Klub Ambil Bagian

SERANG, (KB).- Sebanyak 18 klub basket putra dan putri turut serta menyemarakkan Kejuaraan Bola Basket Tingkat SMA se- Banten di SMA Negeri 1 Kota Serang. Event yang digelar Selasa 11-18 Desember 2018 tersebut menjadi ajang mencari tim terbaik dari sekolah tingkat SMA di Banten.

Ketua Panitia Pelaksana Bilal Nabil Falah mengatakan, kejuaraan tersebut merupakan event yang kelima kalinya digelar SMA Negeri 1 Kota Serang. Dari setiap eventnya kejuaraan tersebut cukup menarik minat sekolah untuk mengirim tim di kompetisi tersebut.

“Kuotanya kami batasi karena dikhawatirkan memakan waktu yang lama,” ujar Bilal saat ditemui di lokasi pertandingan, Jumat (14/12/2018).

Ia merinci, 18 tim yang ambil bagian dalam event yang disupport langsung oleh KONI Banten tersebut terdiri dari 12 tim putra dan 6 tim putri. Adapun peserta berasal dari sekolah di Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang. “Dari Tangerang tidak ngirim timnya karena mereka sudah duluan libur UAS-nya (ujian akhir semester),” kata Bilal.

Ia memastikan para peserta yang berkompetisi di kejuaraan tersebut berasal dari sekolah yang diutus. Sebab, pihak panitia sangat selektif dalam memverifikasi pemain, untuk menghindari pemain gelap atau cabutan dari sekolah lain. “Kami ada verifikasi akta, rekomendasi sekolah, ijazah. Kami pastikan tidak ada pemain gelap atau cabutan,” ucap Bilal.

Tujuan diadakannya kejuaraan tersebut, kata Bilal, untuk membangun sportivitas di antara siswa dan siswi se-Provinsi Banten. Sesuai agenda, babak semi final akan digelar Ahad 16 Desember 2018. Untuk final akan diselenggarakan pada Senin 17 Desember 2018. “Hari ini terakhir babak penyisihan menuju semi final. Ahad pertandingan semi finalnya,” kata Bilal.

Asisten Pelatih SMK 1 Kota Serang Bimo Dwi Saptaria mengapresiasi kejuaraan tersebut. Menurut dia, kejuaraan yang digelar oleh siswa SMA Negeri 1 Kota Serang tersebut selain untuk mencari tim terbaik dari cabang olah raga (cabor) basket juga menjadi ajang hiburan yang menyehatkan. “Saya mengapresiasi turnamen ini. Saya pikir event ini bagus dan positif,” tutur Bimo.

Ia menuturkan, pada kejuaraan tersebut timnya gagal melaju ke babak semi final karena kalah dari MAN 2 Kota Serang. Dalam menyambut event tersebut para pemainnya telah melakukan persiapan dengan menggelar latihan.
“Kami kalah karena fisiknya, posturnya lebih tinggi (lawan) kami kurang (tinggi),” tutur Bimo. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here