Rabu, 26 September 2018
Suasana penutupan Musabaqoh Tilawatil Quran ke-48 2018 Tingkat Kabupaten Serang, di Kecamatan Waringin Kurung, Jumat (16/2/2018).*

Kecamatan Kibin Juara Umum MTQ Kabupaten Serang ke-48

SERANG, (KB).- Kecamatan Kibin kembali meraih juara umum dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 2018 Tingkat Kabupaten Serang yang digelar di Kecamatan Waringin Kurung, sejak Senin-Jumat (12-16/2/2018). Kibin berhasil mengalahkan 28 kecamatan lainnya, dengan mengantongi 75 poin.

Sebelumnya, pada MTQ ke-47 2017, Kecamatan Kibin juga berhasil meraih juara umum. Dalam penutupan MTQ ke-48 di Lapangan Kampung Tubui, Desa/Kecamatan Waringin Kurung, Jumat (16/2/2018) malam, sesuai Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ tentang Penetapan Peringkat Raihan Nilai dan Juara Umum MTQ ke-48 Tingkat Kabupaten Serang, Kecamatan Kibin dinyatakan kembali meraih juara umum.

Kecamatan yang masuk peringkat 10 besar, yaitu Kecamatan Kramatwatu meraih peringkat II dengan 60 poin, Waringinkurung peringkat III dengan 57 poin, Bojonegara peringkat IV dengan 29 poin , Gunungsari peringkat V dengan 27 poin, Lebak Wangi peringkat VI dengan 22 poin, Pulo Ampel peringkat VII dengan 22 poin, Ciruas peringkat VIII dengan 16 poin, Kragilan peringkat IX dengan 15 poin, dan Tirtayasa peringkat X dengan 12 poin.

Kepala Bidang Kesra Setda Kabupaten Serang, Raden Lukman Harun menuturkan, pemenang yang telah ditentukan berdasarkan pleno dewan hakim MTQ, masing-masing juara satu akan langsung didapuk mewakili MTQ Tingkat Provinsi Banten 2018. Sebelumnya, mereka juga akan mengikuti pembinaan terlebih dahulu di Kabupaten Serang.

“Untuk optimalisasi mereka pada MTQ Tingkat Provinsi Banten itu diberikan pembinaan lagi di tingkat Kabupaten Serang, semua yang juara satunya saja,” katanya kepada Kabar Banten. Ia bersyukur, pelaksanaan MTQ ke-48 yang digelar sejak Senin hingga Jumat (12-16/2/2018) telah usai dan berjalan lancar. “Berdasarkan laporan dari LPTQ, bahwa setiap cabang perlombaan berjalan lancar. Dari 1.116 kafilah hanya 15 orang yang tidak hadir,” ujarnya.

Ia mengatakan, keterangan 15 peserta yang tak hadir tersebut beragam, ada yang karena sakit dan kendala teknis. Meski demikian, secara keseluruhan semua mata lomba berjalan sesuai dengan harapan. “Belum tahu yang tidak hadir itu (cabang mana saja), karena itu ranahnya LPTQ. Mereka yang tidak hadir itu ada yang karena sakit dan kendala teknis,” ucapnya.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa menuturkan, para peserta MTQ yang berhasil menjadi juara diharapkan terus meningkatkan kemampuannya, sebab mereka akan mewakili Kabupaten Serang untuk MTQ Tingkat Provinsi Banten. “Siapkan diri untuk tingkat provinsi, saya doakan dan berharap, Kabupaten Serang bisa menjadi juara umum pada MTQ Tingkat Provinsi Banten pada April 2018,” tuturnya.

Menurut dia, semangat membaca Alquran di MTQ jangan hanya seremonial semata. Namun, di musabaqah tersebut, diharapkan bisa menjadi wahana untuk memacu hafalan dan tilawah. “Tidak boleh berhenti sampai di sini saja. Kegiatan kolosal ini akan sia-sia kalau tidak berbekas,” katanya. (DN)***


Sekilas Info

Peringatan HUT ke-18, Pemprov Banten Siapkan Pesta Rakyat

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyiapkan pesta rakyat dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *