Kebut Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional, Seluruh OPD Pemkot Serang Diminta Berperan Aktif

Pemkot Serang melalui seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan rapat koordinasi dan advokasi kesiapan verifikasi kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional tahun 2019, di salah satu rumah makan di Kota Serang, Kamis (27/6/2019).*

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan rapat koordinasi dan advokasi dalam rangka kesiapan verifikasi kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional tahun 2019, di salah satu rumah makan di Kelapa Dua, Kota Serang, Kamis (27/6/2019).

Ketua Forum Kota Serang Sehat (FKSS) Embay Mulya Syarif mengatakan, semua OPD harus ikut memberikan dukungan dan membantu terkait verifikasi Kota Sehat tersebut. Karena pada dasarnya, kata ia, setiap OPD telah memiliki program-program seperti itu. Apalagi waktu yang ada hanya tinggal beberapa bulan lagi.

“Tanpa dukungan semua OPD untuk menuju Kota Serang sehat ini sulit terlaksana. Semoga ditingkat nasional, di bulan Oktober mendatang, kami bisa berhasil. Kemudian, mudah-mudahan tidak hanya di tiga kecamatan saja, akan tetapi di enam kecamatan yang ada di Kota Serang,” katanya usai rapat koordinasi.

Dengan jangka waktu yang singkat, ia berharap, semua OPD, baik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta dinas terkait bisa ikut berperan aktif dalam pelaksanaan tersebut. Kemudian, ia juga mengatakan, tidak hanya lingkungan yang dibersihkan. Tapi juga, perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.

“Oleh karena itu, dengan waktu yang begitu mepet, semua OPD bisa bergerak. Ini juga penting, bagaimana cara merubah sikap masyarakat yang masih dolbon (modol di kebon). Karena memang di Kota Serang ini memiliki WC terpanjang di dunia, yaitu Kali Banten dan rel Kereta Api,” ujarnya.

Wali Kota Serang Syafrudin juga mengatakan, jika FKSS ini berperan penting dalam penanganan kebersihan dalam verifikasi Kota Sehat 2019. “Nanti FKSS ini yang ada didepan. Jadi mereka langsung berkoordinasi dengan semua Kepala OPD. Terutama terhadap masalah lingkungan yang kumuh,” katanya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here