Kamis, 24 Mei 2018

Kebun Teh Cikuya Lebak, Wisata Alam Rasa Puncak Bogor

Destinasi wisata di alam Banten tak kalah indah dengan daerah lain. Banyak tempat wisata di negeri Jawara ini yang menyuguhkan keindahan panorama alam. Salah satunya kebun teh Cikuya di Kabupaten Lebak. Bahkan, suasana yang sejuk dengan nuansa pepohonan alami ini membuat para pengunjung berasa ada di Puncak Bogor, Jawa Barat.

Warga Kabupaten Lebak, Dwi Adhi Nugroho (28) menceritakan pengalaman serunya menelusuri kebun teh Cikuya bersama teman-temannya. Selain keindahan alam yang sejuk dipandang, suasana hening di kebun yang berada di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber ini bikin suasana hati adem dan otak fresh. ”Sejuk banget di sana, berasa di Bogor. Bisa dibilang ini Puncak versi Lebak. Enggak kalah deh sama tempat-tempat lain,” kata pria yang bekerja di sebuah dealer mobil ini, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, untuk menuju ke kebun teh tersebut harus menempuh perjalanan selama sekitar 3,5 jam dari Alun-alun Rangkasbitung. Akses menuju lokasi juga tidak begitu sulit karena jalan sudah dibetonisasi.”Jalan sudah bagus, itu dicor semua. Kalau waktu sih relatif, memang kalau dari Serang lumayan jauh. Tapi rasanya terbayar lah dengan pemandangan alam di sana,” ujar Dwi.

Sayangnya, kata Dwi, di sekitar lokasi tersebut tidak ada tempat singgah atau semacam home stay untuk para pengunjung yang ingin menginap. ”Kalau villa atau home stay enggak ada, paling di Rangkas,” ucapnya. Sementara, dikutip dari situs bantenWisata.com, kebun teh Cikuya ini tak kalah dengan kebun teh yang ada di Bandung maupun Puncak Bogor. Kebun teh ini sudah dibuka untuk umum dengan memiliki luas 120 hektare.

Perkebunan teh Cikuya dikelola oleh PT Harendong Green Farm serta perkebunan ini mempunyai ketinggian 750 – 1200 mdpl. Di hari-hari libur dan week end kebun teh Cikuya cukup ramai didatangi wisatawan lokal maupun luar daerah. Hal yang menarik ketika akan ke kebun teh Cikuya yaitu saat dalam perjalanan kita akan disambut dengan pegunungan, pantai, yang siap memanjakan mata kalian. Waktu yang cocok untuk mengunjungi ke kebun teh ini yaitu saat sore hari, karena bisa sambil menikmati matahari terbenam.

Fasilitas yang ada di kebun teh Cikuya Cibeber Lebak cukup lengkap seperti tempat wisata biasanya, ada tempat parkir, rumah makan, kafe, kamar mandi/MCK, dan tempat istirahat. Sedangkan untuk transportasi ke kawasan kebun teh cukup mudah, bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau angkutan yang sudah banyak tersedia menuju ke Lebak. Yuk, ajak keluarga atau teman berlibur ke sana di akhir pekan ini! (Rifki)***


Sekilas Info

Taman Mahkota Ratu Cikeusal

Para pecinta wisata taman tidak perlu mencari objek wisata ke luar daerah. Namun saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *