Kebersamaan Pimpinan & Masyarakat dalam Panen Ikan

SUASANA penuh keakraban dan keceriaan tergambar pada seluruh masyarakat mengikuti acara panen raya ikan mas di Wewengkon Citorek, Kecamatan Cibeber, Kamis (28/12/2017). Seolah tak mau kalah dengan masyarakat, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati, Ade Sumardi, tanpa ragu langsung terjun ke dalam kolam ikan yang dibuat di atas lahan bekas persawahan itu.

Diiringi tepuk sorak dan gelak tawa masyarakat, bupati dan wakil bupati seolah berlomba mengumpulkan ikan mas menggunakan alat bantu. Setelah ditimbang, hasil panen ikan mas itu berjumlah sekitar 82 ton. Bupati dan wabup mengharapkan seluruh ikan mas yang dibudidaya di kolam ikan di atas eks persawahan tersebut mampu dipasarkan dengan baik sebagai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga para pemilik kolam ikan.

Selain itu, mengingat sangat dirasakan hasilnya, bupati dan wabup meminta pula kepada masyarakat Wewengkon Citorek untuk rutin membudidayakan ikan mas, setiap pasca panen padi di areal persawahan di daerah tersebut. ”Semua kolam tempat budidaya ikan mas di Wewengkon Citorek, berada di atas areal persawahan yang telah menjalani panen padi. Untuk itu, agar bisa menjadi usaha yang tetap, maka setiap panen padi, masyarakat pemilik sawah di Citorek harus kembali membudidayakan ikan mas,” ujar Bupati Iti Octavia Jayabaya kepada masyarakat Wewengkon Citorek.

Ditegaskannya, saat ini konsumsi ikan dikalangan warga Lebak semakin mengalami peningkatan. Untuk itu, meski rutin melakukan budidaya ikan mas, maka dirinya meyakini pemasaran hasil panen rayanya akan sangat mudah dilakukan. ”Tidak hanya masyarakat di Lebak saja yang konsumsi ikannya sangat tinggi, tetapi masyarakat diluar Lebak pun tingkat konsumsi ikannya sama tinggi. Makanya, meski pembudidayaan ikan bisa dilakukan setiap tahun pasca panen padi, maka masyarakat di Citorek jangan takut ikannya tidak laku dijual,” tuturnya.

Wabup Ade Sumardi menambahkan, budidaya ikan mas merupakan salah satu usaha perikanan yang menjanjikan. Oleh karena itu, saat masyarakat Citorek ingin serius dalam usaha budi daya ikan, maka Pemkab melalui Dinas Perikanan akan selalu mendukungnya. ”Kami harap usaha budidaya ikan di Citorek menjadi usaha yang dilakukan serius untuk penghasilan masyarakat setempat,” ucapp Ade Sumardi. (Lugay/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here