Kawasan Tambang Pasir Harus Direklamasi

LEBAK, (KB).- Pemkab Lebak mengusulkan kawasan eks pertambangan pasir di Kecamatan Rangkasbitung agar reklamasi. Hal itu menyusul, kawasan tersebut masuk kawasan bebas pertambamgan.

“Sejak 2018, kita sudah menyurati Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) agar segera mempersiapkan langkah-langkah persiapan reklamasi di kawasan eks pertambangan,” kata Asisten Daerah (Asda) II Lebak Budi Santoso, Ahad (14/4/2019).

Ia menjelaskan, selama tata ruang itu belum diubah, tentu aktivitas galian pasir masih berlaku. Akan tetapi, Pemkab hingga saat ini tidak pernah mengeluarkan perpanjangan surat rekomendasi operasional pertambangan di kecamatan tersebut. “Kalaupun itu masih beroperasi kewenangannya ada di provinsi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah pada Dinas Satpol PP Lebak Tati Suryati mengaku, pihaknya siap menertibkan beberapa perusahaan atau galian pasir yang tidak memiliki izin operasional untuk diarahkan menempuh perizinan.

“Namun, ada beberapa aturan yang harus kami tempuh dalam melakukan sanksi tegas seperti eksekusi. Karena selaku eksekutor, kami harus bertindak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP),” ucap Tati.

Saat disinggung soal adanya beberapa galian pasir di area tersebut yang disinyalir hampir sebagian tidak memiliki izin, pihaknya menjelaskan akan secepatnya melakukan koordinasi dan mengecek terlebih dahulu untuk memastikan hal itu.

Selain itu, ia mengatakan, mengenai revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk Kecamatan Rangkasbitung yang rencananya akan dibebaskan dari aktivitas pertambangan. “Untuk saat ini, kami masih menunggu hasilnya. Karena Perdanya belum disahkan,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, untuk pengesahan revisi RTRW di delapan kabupaten/kota se- Provinsi Banten saat ini pemprov masih menunggu hasil analisis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi, hasil revisi RTRW nasional, provinsi, rencananya akan disesuaikan dengan kabupaten/kota, termasuk revitalisasi dan reklamasi, dan proyek strategis Nasional. Intinya, kita masih menunggu kajian tersebut,” kata Wagub ditemui di acara penyaluran Bansos Jamsosratu di Lebak. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here