Kategori Informatif, Pemkot Serang Raih Juara Ketiga

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berhasil meraih juara ketiga kategori informatif Badan Publik pada Penganugerahan Badan Publik yang diselenggarakan di Aula Pendopo Gubernur Banten, Kamis (7/11/2019).

Diketahui, Pemkot Serang meraih nilai sebesar 92,5 dari skala 100. Sementara untuk peringkat pertama diraih oleh Tangerang Selatan (Tangsel) dan kedua oleh Kota Tangerang. Sebelumnya, tahun lalu Pemkot Serang menempati peringkat kelima dari kategori yang sama.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, penilaiannya terkait dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam hal ini yang mendapat penilaiannya adalah Diskominfo.

“Dari website, kemudian permohonan layanan informasi dari masyarakat, dan tindak lanjut dari permohonan, serta sengketa terkait informasi,” katanya.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Informasi Keterbukaan Publik. Ada tiga informasi yang harus disampaikan, yaitu, informasi berkala, informasi setiap saat, dan informasi serta-merta. “Jadi kami itu mendapat peringkat tertinggi pada clusternya,” ucapnya.

Cluster pertama, ia menjelaskan, adalah informatif, kemudian cluster kedua menuju informatif, yang ketiga cukup informatif, dan yang keempat cluster kurang informatif. “Dan Kota Serang masuk dalam cluster yang tertinggi,” katanya.

Penghargaan ini diberikan setiap tahun yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik (KIP) melalui monitoring evaluasi tentang keterbukaan informasi publik dan badan publik. “Untuk mempertahankan ini, tentunya kami membutuhkan dukungan dari kepala daerah dan peran serta PPID pembantu yang ada di OPD agar satu komitmen,” ujarnya.

Namun, masih ada satu Pekerjaan Rumah (PR) yang belum diselesaikan, yakni layanan permohonan informasi. Oleh karena itu, pihaknya akan segera memenuhi semua yang belum selesai. “Ya itu tadi, untuk mempertahankan dan meningkatkan peringkat, kami akan menambah inovasi terbaik serta terbaru,” ucapnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here