Kasus Korupsi Puskesmas Pamarayan, Jaksa Masih Siapkan Kontra Memori Banding

SERANG, (KB).- Penuntut umum Kejari Serang hingga saat ini masih menyiapkan kontra memori banding atas kasus korupsi proyek gedung Puskesmas Pamarayan tahun 2015 senilai Rp 4,5 miliar tersebut. Kontra memori banding disiapkan untuk menanggapi memori banding terdakwa Toto Soegianto (Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang).

“Sedang disusun mungkin dalam waktu dekat ini kami akan limpahkan ke pengadilan (Pengadilan Tipikor Serang),” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Serang, Agustinus Olav Mangontan, Jumat (22/6/2018).

Ia mengatakan, pihaknya mengambil langkah banding karena vonis Pengadilan Tipikor Serang belum sesuai dengan tuntutan. Selain itu dikarenakan sikap Toto yang juga menempuh jalur hukum banding. “Kami banding karena belum sesuai tuntutan dan mengimbangi langkah yang ditempuh salah satu terdakwa (Toto),” kata Olav.

Toto sendiri sebelumnya divonis satu tahun dan denda Rp 50 juta subsider 3 bulan.Vonis terhadap pejabat pembuat komitmen (PPK) tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang menuntut pidana penjara selama 16 bulan. Selain Toto, ada dua terdakwa lain yang diseret dalam perkara ini. Keduanya yakni Direktur PT Indah Utama Jaya Mandiri (IUJM), Tiur Mona Marpaung dan pelaksana pekerjaan Irwan Mulyana. Keduanya diganjar pidana 1 tahun penjara, denda Rp 50 juta subsider 3 bulan dan uang pengganti.

Tiur diganjar uang penggganti sebesar Rp 30 juta susbider 1 tahun penjara dan Irwan sebesar Rp 230 juta subsider 1 tahun. Perbuatan ketiga terdakwa dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar dakwaan subsider, Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana. Panmud Tipikor PN Serang Nur Fuad mengatakan dalam perkara tersebut hanya Toto dan penuntut umum yang mengajukan banding. Sedangkan dua terdakwa lain tidak mengajukan. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here