Rabu, 23 Mei 2018

Kasus Korupsi Pemeliharaan Kendaraan Dinas, Wira Divonis 16 Bulan Penjara

SERANG, (KB).- Pihak Majelis Hakim PN Serang menjatuhkan vonis 16 bulan penjara kepada Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Banten, Wira Hadikusuma, karena dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam proyek pemeliharaan kendaraan dinas (randis) pada Biro Perlengkapan dan Aset Setda Banten pada 2014 senilai Rp 12,027 miliar.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Wira Hadikusuma dengan pidana selama setahun dan 4 bulan penjara dan mewajibkan terdakwa membayar denda Rp 50 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan,” kata Ketua Majelis Hakim, Sumantono saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Serang, Kamis (2/11/2017).

Perbuatan terdakwa dinilai majelis telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar dakwaan subsider JPU Pasal 3 Ayat (1) jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999.

Putusan tersebut dibacakan secara bergantian secara bergantian oleh majelis hakim. Dalam pertimbangan putusannya, majelis mempertimbangkan hal memberatkan dan meringankan.  Hal yang memberatkan perbuatan terdakwa dinilai tidak mendukung program pemerintah yang sedang gencar memberantas kasus korupsi.

“Hal-hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa telah mengembalikan kerugian negara (Rp 2,050 miliar), terdakwa mempunyai tanggungan keluarga,” ujarnya dalam sidang yang dihadiri JPU Kejari Serang, AR Kartono.

Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU. Sebelumnya, JPU menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun ditambah denda Rp 50 juta subsider 3 bulan dan uang pengganti Rp 2,050 miliar subsider setahun penjara. Untuk uang pengganti tersebut terdakwa telah membayarnya, sehingga dibebaskan dari ancaman pidana penjara selama setahun. (FI)***


Sekilas Info

Konsultasi Syariah: Berapa Persen Maksimal Pinjaman di Bank Syariah?

Pertanyaan: Assalamu’alaikum Ustaz. Berapa persen kah toleransi maksimal pinjaman di bank syariah? Jawab: Pertanyaan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *