Kasus Ijazah Palsu Anggota DPRD: Kooperatif, Abdullah tak Ditahan

SERANG, (KB).- Penyidik Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Banten tidak menahan Abdullah. Anggota DPRD Kabupaten Serang yang jadi tersangka kasus dugaan ijasah palsu paket C itu tidak ditahan karena upaya penahanan dinilai belum perlu.
Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Banten AKBP Budhi Batara mengatakan, penahanan akan dilakukan jika tersangka tidak bersikap kooperatif dengan penyidik. “Tidak ditahan karena kooperatif,” ujar AKBP Budhi ketika dikonfirmasi Kabar Banten, Selasa (9/5/2017).

Penyidik telah memeriksa Abdullah sebagai tersangka pekan lalu. Pemeriksaan Abdullah sebagai tersangka untuk melangkapi berkas penyidikan sebelum diimpahkan ke jaksa Kejati Banten untuk diteliti. Kasus tersebut dikatakan Budhi, kini tinggal melengkapi barang bukti berupa ijazah asli paket C milik tersangka. “Yang disita kemarin bentuknya foto kopian yang dilegalisasi. Kami tinggal mencari barang bukti (ijazah asli) yang disimpan di arsip rumahnya. Mudah-mudahan masih ada,” katanya.
Abdullah ditetapkan sebagai tersangka melalui gelar perkara internal penyidik pada awal April 2017.

Penyidik menetapkan Abdullah sebagai tersangka setelah memiliki alat bukti yang cukup dan memeriksa sejumlah saksi, termasuk ahli pidana. Setelah menetapkan tersangka, penyidik koordinasi dengan jaksa Kejati Banten untuk menyamakan pendapat hukum.
Hasilnya, baik penyidik maupun pihak Kejati Banten tidak menemui kendala untuk perkara tersebut. Kasus dugaan ijazah palsu ini mencuat setelah adanya laporan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jambak ke Polda Banten pada September 2016. Abdullah dilaporkan menggunakan ijazah palsu ketika mendaftar sebagai calon DPRD Kabupaten Serang tahun 2014. Saat proses penyelidikan, penyelidik mengonfirmasi nomor ijazah paket C milik Abdullah ke Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta selaku yang mengeluarkan ijazah tersebut. Hasilnya, pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta menegaskan tidak pernah menerbitkan ijazah atas nama Abdullah. (H-47)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here