KASN Minta Pansel Mengecek Ulang, Berkas Lelang Jabatan Pemprov Banten Belum Masuk Sijapti

SERANG, (KB).- Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta panitia seleksi (pansel) mengecek ulang usulan berkas lelang jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) dan Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten, yang diklaim sudah disampaikan.

Sebab, usulan berkas tersebut belum masuk dalam Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti) KASN.

Asisten KASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 2 Kusen Kusdiana mengatakan, pihaknya sudah mengecek Sijapti sebagai aplikasi untuk menyampaikan usulan lelang dari pemerintah daerah (pemda).

Dalam Sijapti, belum tertera usulan hasil lelang jabatan Kadindikbud dan Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten. Adapun yang sudah masuk, kata dia, hanya usulan pelaksanaan.

“Iya kalau seleksi terbuka (lelang jabatan) di aplikasi pun ada. Cuma di dalam aplikasi Banten belum lengkap, cuma sebatas pengusulan waktu mau melaksanakan seleksi terbuka (lelang jabatan). Tapi kalau seandainya sudah lengkap, ini hasilnya, semua dokumennya itu juga harus lengkap,” katanya saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan seluler, Selasa (25/2/2020).

Alumni Jurusan Administrasi Negara Universitas Nasional (Unas) itu meminta BKD mengecek usulan tersebut. Ia khawatir usulan sudah disampaikan, namun belum diserahkan ke unit yang ditanganinya.

“Kalau katanya sudah, tolong sampaikan bukti penerimaan. Karena saya kan petugas baru, peralihan dari Mas John Ferianto. Saya khawatir mengatakan tidak, tahu-tahu sudah,” ucapnya.

Jikapun sudah, kata dia, biasanya usulan hasil lelang tertera dalam Sijapti. Sebab aplikasi itu memang disediakan untuk menyampaikan berkas usulan lelang dari pemda.

“Itulah salah satu fasilitasi instansi kaitan dengan Sijapti. Itu supaya tidak terkendala waktu, biaya untuk datang, untuk kemari,” ucapnya.

Untuk memastikannya, pansel bisa bertanya langsung kepada operator yang ditugaskan menyampaikan berkas usulan.

“Tanya sama operatornya, siapa operatornya, sudah diinput belum, kalau di sini belum lengkap. Di dalam Permenpan 12 tahun 2015 ada itu, bahwa keharusan. Harus diinput dalam Sijapti,” ucapnya.

Rekomendasi mutasi

Disinggung terkait usulan mutasi pejabat di lingkungan Pemprov Banten untuk mengisi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), mantan Kepala Bidang Bimbingan Teknis BKN Medan ini memastikan berkasnya sudah lengkap dan sesuai aturan yang berlaku.

“Kalau kami terhadap mutasi kan iyah, sudah sesuai aturan lah, ada,” ucapnya.

Rekomendasi KASN akan diusahakan keluar dalam waktu dekat. Posisinya saat ini tinggal menunggu tanda tangan dari Komisioner KASN.

“Kan rekomendasi KASN nanti apabila sudah diterima Pak Gubernur, silakan dilantik,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BKD Banten Komarudin mengatakan akan mengecek ulang berkas usulan yang disampaikan dari pansel. Kemungkinan, berkas usulan itu masih ada di staf KASN.

“Nanti dicek lagi, mungkin masih di staf KASN,” ujarnya.

Disinggung terkait kapan pansel menyampaikan berkas usulan hasil lelang jabatan kepada KASN, mantan Pj Bupati Tangerang ini tak memberikan jawaban. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here