Kasemen Butuh “Shelter” Evakuasi

SERANG, (KB).- Wilayah Kecamatan Kasemen Kota Serang yang merupakan daerah pesisir pantai di Kota Serang butuh shelter atau tempat berlindung untuk evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi gelombang besar.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang TB Suherman, Ahad (30/12/2018).

Suherman mengatakan, tidak ada dataran tinggi di wilayah Kasemen. Oleh karena itu, shelter evakuasi sangat dibutuhkan. “Karena daerahnya datar bukan dataran tinggi. Kalau ada gelombang tinggi dari Karangantu ini memang belum ada shelter yang harus lari ke mana. Ke perbukitan atau ke mana? kan tidak ada. Makanya nanti ke depan shelter ini dibutuhkan di daerah Sawah Luhur. Kalau ada apa-apa mudah-mudahan kita bisa lari ke shelter ini,” kata Suherman.

Menurutnya, shelter tersebut akan sangat dibutuhkan meskipun hingga saat ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tidak menyatakan Kota Serang akan terdampak dari letusan Gunung Anak Krakatau (GAK).

“Kalau sampai hari ini untuk Kota Serang belum terkena dampak yang signifikan, karena memang kemarin saat Karangantu surut juga kita sudah mencoba datang ke sana tapi sekarang sudah normal kembali,” ucapnya.

Meski demikian, pihaknya selalu berkoordinasi dengan BMKG maupun Badan Geologi. Ia mengimbau agar masyarakat Kota Serang tetap selalu waspada.

“Warga Kota Serang sama, semua dalam kondisi waspada. Dengan kondisi sekarang, Krakatau ditingkatkan menjadi level siaga sudah menjadi kewaspadaan kita semuanya,” tuturnya.

Ia mengatakan, titik evakuasi sudah disiapkan oleh BPBD Provinsi Banten jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi di Kota Serang, khususnya Kasemen. Titik tersebut yaitu di Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen.

“Itu lokasinya pas dari Margaluyu, sebelah kiri itu ada jalur evakuasi yang dibuat oleh BPBD provinsi, itu baru satu,” katanya.

Menurutnya, sebagian masyarakat di sekitar Kasemen sudah mengetahui titik evakuasi tersebut. “Kalau masyarakat sebagian mungkin sudah tersosialisasikan karena di situ ada plangnya,” ujarnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here