Kandang Ternak Kebakaran, 6.000 Ekor Bebek Ludes Terpanggang

Kondisi Kandang Ternak Bebek milik Jumri pasca-kebakaran.*

SERANG, (KB).- Sebanyak 6.000 ekor bebek milik Jumri (60), Warga Kampung Pasir, RT/RW 02/01, Desa Ketos, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang‎ ludes terpanggang, Senin (18/11/2019). Hal itu terjadi karena peternakan miliknya mengalami kebakaran hebat sehingga kerugian diperkirakan mencapai Rp 360 juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Banten dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 14.15 WIB.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun warga melihat api sudah menyala dari bagian belakang peternakan. Api kemudian seketika menjalar kebagian yang mudah terbakar. Dan menyebar keseluruh bangunan hingga menghanguskan kandang beserta bebek yang ada didalamnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan,‎ mendengar adanya laporan kebakaran pihaknya langsung menerjunkan pemadam kebakaran, SAR BPBD, TRC dan dibantu oleh masyarakat beserta Anggota Kepolisian dari Polsek Cikande guna melakukan pemadaman. “Damkar BPBD Kabupaten Serang memberangkatkan 1 unit water Foam kapasitas 6.500 liter ke lokasi kejadian,” ujarnya.

Nana mengatakan, sekitar pukul 15.30 Wib api berhasil dipadamkan. Meski demikian pihaknya masih terus melakukan pendinginan untuk meminilaisir api kembali muncul diareal lokasi kebakaran. “Sekitar pukul 16.45 Damkar BPBD Kabupaten Serang kembali ke Mako. Api berhasil dipadamkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab kejadian belum diketahui,” katanya.

Namun akibat kebakaran ini pemilik kandang mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 360 juta. Karena kandang yang beserta 6000 ekor bebek miliknya ludes terbakar.‎ “Kandang bebek rusak berat, bebeknya habis terbakar ada 6.000 ekor,” ucapnya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here