Senin, 23 April 2018

Kampung Lukisan di Kota Baja

Kota Cilegon dengan julukan Kota Baja atau Kota Industri, tampaknya menyimpan segudang lokasi wisata untuk berburu swafoto atau pamer pose. Sekarang ada tempat swafoto baru di Kota Cilegon, yakni kampung lukisan yang penuh warna dengan beragam macam lukisan. Seni lukis yang bercerita tentang kearifan lokal dan keberagaman etnis dan seni budaya nusantara yang membuat siapa pun yang berkunjung akan terkagum dengan segala keindahan seni lukis.

Bahkan, ada yang disebut kampung padat penduduk dengan beragam etnis. Dengan kekuatan kebersamaan masyarakatnya, kini Kampung Ramanuju yang berada di Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon tersebut perlahan menjadi cantik jelita dengan penuh warna dan lukisan. Seluruh pembiayaan pengadaan cat dan sebagainya dengan iuran dari masyarakatnya sendiri.

Proses pembuatan baru sekitar 4 bulan dengan memaksimalkan seorang seniman yang ada di kampungnya dan kini Kampung Kreasi Lukis tersebut mulai dikunjungi para pelancong. Sampai saat ini kampung tersebut masih terus berproses untuk lebih meningkatkan potensi yang ada di kampungnya.

Seperti dikutip dari dispar.bantenprov.go.id, bahwa kreasi seni di kampung tersebut hasil dari keratif Nurul Anwar, seniman yang bekerja di salah satu dekorasi pernikahan. Ia yang membuat kampungnya lebih menarik dan indah dipandang. Untuk menyelesaikan satu lukisan ditembok dinding rumah warga hanya membutuhkan waktu satu setengah hari saja. Dengan dukungan dan dorongan ketua RT setempat, sekarang sudah ada 34 rumah di RT004 yang telah dihiasi lukisan yang bernilai seni 3 dimensi tersebut.

Bagi para pencinta wisata seni dan lukisan, Anda bisa berkeliling Kampung Kreasi Lukis yang penuh warna. Kampung tersebut terlihat hidup dengan penuh lukisan yang bermacam-macam. Ada lukisan pemandangan alam dengan suasana yang terasa sejuk dipandang, ada juga dengan lukisan rumah adat Sumatera Utara lengkap dengan lukisan Danau Toba-nya, karena pemilik tembok rumah tersebut berasal dari Medan dan ada juga lukisan naga lengkap dengan suasananya, karena keinginan sang pemilik rumah yang juga beretnis Tionghoa.

Sementara, penggagas ide Kampung Kreasi Lukis tersebut, yakni Sarjoko, ketua RT004 dan Aris sebagai penggerak kampung tersebut. Warga dengan sukarela rumahnya diwarnai dan dilukis oleh bapak Nurul Anwar. Kampung Kreasi Lukis tersebut bisa menjadi tujuan wisata kekinian kalian yang juga tidak jauh dengan Alun-alun Kota Cilegon yang sedang dibangun juga dekat dengan ikon landmark baja Kota Cilegon dan Taman Simpang.

Tidak ada pungutan biaya masuk untuk masuk ke wilayah Kampung Kreasi Lukis tersebut, namun ke depannya pengunjung boleh memasukan rupiah seikhlasnya yang nantinya akan dikelola untuk perawatan dan fasilitas tambahan lainnya.
Sepanjang jalan Gang Kampung Kreasi Lukis tersebut, tidak ada tembok rumah warga yang tidak berwarna. Beragam warna dan lukisan ada di Kampung Kreasi Lukis.

Bahkan, ada salah satu rumah bernuansa tempo dulu yang sangat menarik perhatian saya dengan gambar pemandangan alam lengkap dengan nuansa berkebun bermacam tumbuhan obat yang disebut apotek hidup. Ke depan, warga Kampung Kreasi Lukis akan membuat sebuah tempat sebagai spot center yang didalamnya ada jajanan khas dan juga cendera mata untuk menjadi buah tangan telah berkunjung di Kampung Kreasi Lukis.

Tak hanya lukisan saja yang mewarnai seluruh rumah di Kampung Kreasi Lukis tersebut. Warga ikut membantu mewarnai jalan dan aksesori rumah. Memang ide tersebut berasal dari warganya sendiri. Makanya, seluruh warga saling membantu, agar kampungnya terlihat begitu menarik dengn karya lukisannya. Rencana pada April 2018 Kampung Kreasi Lukis akan dibuka secara resmi. (Endang Mulyana)***


Sekilas Info

Pagerbatu Layak Jadi Destinasi Wisata Alam

Kabupaten Pandeglang sebagai kota badak terkenal dengan beragam potensi wisata. Simbol badak cula satu logonya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *