Rabu, 26 September 2018

Kampanyekan Pemilu 2019, Mahasiswa Ajak Masyarakat Olahraga

SERANG, (KB).- Aliansi mahasiswa dari berbagai organisasi kemahasiswaan mengampanyekan pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk dengan olahraga dan senam pagi. Kampanye sekaligus deklarasi tersebut dilaksanakan di Alun-alun barat Kota Serang, Ahad (16/9/2018) pagi.

Pantauan dilokasi, kampanye pemilu aman, damai dan sejuk dari aliansi mahasiswa yang terdiri dari GMNI, PMII, Hamas, KAMMI, GMKI dan Hikmahbudhi dimulai dengan senam pagi yang diikuti ribuan warga yang berada dilokasi.

Ditengah suasana Car Free Day (CFD) itu, ratusan masyarakat antusias mengikuti senam. Setelah itu, dari panggung utama, mahasiswa mengajak masyarakat yang berada dilokasi untuk mengucapkan deklarasi pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk. Kemudian peserta membubuhkan tanda tangannya pada spanduk yang telah disediakan panitia.

Perwakilan aliansi mahasiswa dari GMNI cabang Serang, Adnan Fatoni mengatakan, kampanye pemilu aman, damai dan sejuk itu untuk melawan informasi dan konten hoax yang mulai bertebaran di media sosial (medsos).

“Menjelang Pilpres dan Pemilu 2019, situasi dan kondisi terkini kita ketahui bersama bahwa bertebaran informasi dan konten-konten hoax yang bisa memecah belah bangsa,” kata Adnan.

Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Cipayung plus dan Hamas, kata Adnan mengajak masyarakat untuk terus menciptakan suasana aman, damai dan sejuk. Karena, menurutnya pemilu bukan ajang untuk saling membenci.

“Kami mengajak kepada masyrakat Kota Serang khusunya untuk menciptakan suasana yang aman, damai dan sejuk menjelang Pemilu, karena Pemilu bukan alasan untuk membenci dan menghina satu sama lain,” ujarnya.

Ditempat sama, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin menyatakan sangat mengapresiasi atas ide dan inisiatif mahasiswa yang menggunakan olahraga untuk mengampanyekan Pemilu yang aman, damai dan sejuk.

“Agenda hari ini dari teman-teman aliansi mahasiswa ya. Ada beberapa elemen saya lihat ini acara yang sangat baik patut diapresiasi. Karena bisa mengumpulkan masyarakat Banten, masyarakat Serang khususnya, karena mengemas kegiatan olahraga bersama. Identik dengan sehat, yang kalau kita maknai sehat dalam segala hal,” kata Kapolres.

Saat ini suhu politik sudah mulai memanas dengan statement dan ujaran-ujaran yang bertebaran di medsos. Sehingga, menurutnya mahasiswa mengajak untuk menyehatkan pikiran dan menyampaikan pendapat dengan olahraga. “Ini salah satu penyejuk lah, kalau saya lihat ini acara dari teman-teman mahasiswa penyejuk ditengah suhu politik yang mulai menggeliat. Ini acara yang sangat baik,” ujar Kapolres.

Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin juga mengapresiasi mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu. Ia berharap hal itu dapat diterima secara positif oleh masyarakat Kota Serang.

“Kami dari penyelengggara pemilu sangat mendukung kegiatan ini dan mudah-mudahan tujuan ini tercapai, intinya masyarakat dapat menerima perbedaan pilihan, kita kawal Pemilu 2019 ini sampai tanggal 17 april 2019,” katanya.

Heri menuturkan, potensi terjadinya suasana yang tidak kondusif sangat mungkin terjadi, terlebih pada Pemilu nanti, peserta yang berpartisipasi jauh lebih banyak dibandingkan Pilkada Kota Serang kemarin. Namun, ia berharap masyarakat bisa mengambil contoh Pilkada yang tanpa gesekan dan berlangsung damai.

“Kalau kita melihat peserta Pemilu tentu lebih banyak dibanding Pilkada. Namun, masayarakat diharap lebih waspada dan tidak terprovokasi saat mendengar, memvaca berita hoax ataupun berita yang berisikan sara dan hujatan terhadap kelompok tertentu,” ujarnya. (Masykur)*


Sekilas Info

HUT ke-492 Kabupaten Serang, Pemkab Serang Akan Pamerkan Inovasi di Pasar Rakyat

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berencana memamerkan puluhan inovasi dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *