Selasa, 20 November 2018

Kafilah Festival Qasidah Dilepas ke Padang

SERANG, (KB).- Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Banten, Idris Jamroni, melepas keberangkatan kafilah Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional  XXII yang akan menuju Kota Padang, Jumat (18/11/2017) pagi. Pada kegiatan pelepasan kafilah yang berlangsung di Pendopo Gubernur Banten tersebut, hadir sejumlah pejabat Kanwil Kemenag  dan Pemprov Banten.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi)  Provinsi Banten Dr. H. Encep Safrudin mengatakan, kafilah Banten telah siap bertarung kemampuan pada ajang nasional tersebut. “Tidak bermaksud sesumbar, tapi kami sudah siap untuk membawa pulang piala juara umum,” kata Encep yang juga Kepala Kemenag Kab. Lebak.

Ia menjelaskan, jumlah rombongan yang berangkat sebanyak 85 orang. Mereka terdiri atas peserta, para pelatih, pendamping, dan perias. Ia berpesan agar kafilah Banten tetap menjaga sportivitas dalam bertanding, serta meningkatkan semangat juang agar menjadi yang terbaik. Ia juga meminta para kafilah agar menjaga  kekompakan dan selalu mematuhi aturan baik oleh panitia maupun pendamping. “Jaga kesehatan agar dapat mengikuti semua  kegiatan,” katanya.  Pada event nasional yang digelar dari tanggal 18- 25 November 2017,  Provinsi Banten akan mengirim 85 anggota kafilah.

Kepala Seksi Pengemb. Seni Budaya Islam, Musabaqah Al-Quran dan Hadist pada Kanwil Kemenag Banten, H. Uesul Qurni, mengatakan festival yang akan diikuti 34 provinsi tersebut dipusatkan di GOR Haji Agus Salim Padang, sementara pembukaan di Masjid Raya Sumatera Barat. Dikatakan, lokasi yang dipakai untuk berbagai perlombaan yakni Masjid Agung Nurul Imam dan Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat.

Disebutkan  Uesul Qurni, festival seni qasidah tersebut akan memperlombakan, qasidah kolaborasi untuk putra dan putri, qasidah klasik dewasa putra dan putri, bintang vokalis anak-anak putra dan putri, bintang vokalis remaja putra dan putrid, serta bintang vokalis dewasa putra dan putri. Menurut Uesul, pelepasan Kafilah Banten pada Festival Qasidah di Sumbar, berlangsung Jumat (17/11/2017) di Pendopo Gubenrur Banten.

Sementara itu,  Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten, Dr. H. Bazari Syam, menilai peserta asal daerah itu paling berpeluang menjadi juara umum pada Festival Qasidah 2017 di Padang, Sumatera Barat. “Banten paling berpeluang. Selain pengalaman tanding, peserta asal Banten adalah para seniman qasidah yang sudah sangat terrkenal di level nasional,” kata H. Bazari Syam.

Ia menyebutkan, pada festival ke-21  tahun 2015 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, misalnya Banten mendominasi di hampir semua cabang lomba. “Meski pada waktu itu hanya duduk di peringkat empat, namun perolehan juaranya merata,” kata Bazari.

Pada festival tersebut,  Banten juara I qasidah klasik dewasa putrid, juara I qasidah klassik remaja putra, juara II qasidah klasik dewasa putra, juara II wasidah klasik remaja putri. Kemudian juara III bintang vokalis dewasa putri, juara harapan I bintang vokalis dewasa putra, dan  juara harapan I bintang vokalis remaja putri. “Dengan modal prestasi pada festival sebelumnya, Banten sangat bepeluang menjadi juara umum tahun 2017,” katanya. (SY)***


Sekilas Info

Dakwah Mengubah Kebiasaan Jadi Kebaikan

SERANG, (KB).- Setiap orang memiliki kewajiban untuk berdakwah, akan tetapi dakwah juga mempunyai waktu, karena dakwah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *