Kadin PB Lebak Berikan Pelatihan UMKM

Ketua Kadin PB Lebak Hera Komaratullah bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Lebak, di Kantor Kadin PB Lebak, Rabu (26/2/2020).*

LEBAK, (KB).- Kamar Dagang dan Industri Paradigma Baru (Kadin PB) Kabupaten Lebak akan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Lebak yang baru memulai usahanya.

Pelatihan bagi para pelaku UMKM pemula tersebut merupakan upaya jangka pendek Kadin PB Lebak untuk mendorong UMKM di naik kelas.

“Jangka panjangnya mencari investor. Karena kadang begini, permintaan banyak tetapi produknya tidak siap dan sebaliknya,” ujar Ketua Kadin PB Lebak, Hera Komaratullah, usai bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM, di Kantor Kadin PB Lebak, Rabu (26/2/2020).

Hera optimis akan banyak produk hasil karya pelaku UMKM yang bisa menembus pasar internasional. Kadin, kata dia, berupaya bagaimana produk-produk UMKM bisa dilirik pasar secara luas.

“Pelaku UMKM yang baru kami berikan pelatihan dan membukakan peluang-peluang pasar. Termasuk membantu mendapat permodalan dari lembaga perbankan,” ujarn Hera.

Ia mengatakan, Kadin akan berupaya mengantarkan produk-produk UMKM yang sudah berjalan untuk di ekspor.

“Yang sudah berjalan ya harus kita tingkatkan kualitasnya agar bisa memenuhi permintaan pasar mancanegara dan tidak menutup kemungkinan akan banyak buyer yang serius. Kita harus optimis,” ujar Hera. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here