Rabu, 22 Agustus 2018
pilkades serentak pandeglang

Kades Terjerat Hukum, Desa Sukatani Ikut Pilkades Serentak

SERANG, (KB).- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah telah memutuskan Desa Sukatani di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang turut serta dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan berlangsung Nopember mendatang. Keputusan Bupati ini menyusul kesanggupan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menggelar pilkades.

Agar tahapan-tahapan Pilkades di Desa Sukatani berjalan lancar, Kapolres Serang bersama Muspika Kecamatan Cikande, mengumpulkan seluruh calon kades, simpatisan, tokoh agama/masyarakat di Kantor Desa Sukatani yang berlokasi di Kawasan Industri Modern Cikande, Kamis (19/10/2017).

Camat Cikande Ajat Sudrajat mengatakan Kades Sukatani Adrai tidak dapat menyelesaikan masa tugasnya hingga 2019 karena tersangkut persoalan hukum yang harus dijalani. Agar roda pemerintahan tetap berjalan, Pemkab Serang akhirnya menetapkan Bagja Saputra sebagai pejabat Kades Sukatani yang saat ini sudah bertugas sekitar 1,5 tahun.

“Karena desakan dari masyarakat, Pemkab Serang akhirnya memutuskan Desa Sukatani diikutkan dalam pilkades serentak. Saat ini sudah ada 3 calon kades yang sudah mendaftar, tinggal BPD yang akan memverifikasi dokumen-dokumennya,” ujarnya.

Kapolres Serang AKBP Wibowo mengatakan bahwa pilkades merupakan wujud dan implementasi dari demokrasi reformasi. Artinya apa, rakyatlah yang menentukan langsung calon pemimpinnya, mulai dari Kepala Desa, Kepala Daerah bahkan Kepala Negara (Presiden). Berbeda dengan demokrasi sebelumnya, ungkap Kapolres, demokrasi terdahulu adalah milik elite-elite politik, sementara rakyat hanya menjadi penonton saja.  “Jangan golput, gunakan hak pilih dengan memilih calon yang amanah dan diyakini mampu mensejahterakan masyarakat dan membangun desa,” katanya.

Kapolres mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat beserta panitia penyelenggara untuk lebih bijak dalam mencerna informasi yang dapat memicu konflik sehingga membuat penyelenggaraan Pilkades menjadi tidak kondusif. Kepada para calon kepala desa, Kapolres menekankan selama masa kampanye harus menjaga kondusifitas dan tidak mencari kesalahan atau kelemahan calon lain dengan tujuan memecah belah.

“Diera informasi digital ini kita harus dapat memilah informasi, jangan sampai kita terpancing oleh oknum dari luar yang menguntungkan kelompok tertentu yang nantinya dapat memecah belah masyarakat. Kita boleh berbeda tapi untuk bersatu,” tuturnya. (FI)***


Sekilas Info

LAZ Harfa Banten Gelar Sholat Ghaib dan Doa Bersama Untuk Korban Gempa Lombok

SERANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) Banten menggelar sholat ghaib dan doa bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *