Kabupaten Serang Kekurangan Pendamping PKH

SERANG, (KB).- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang saat ini masih kekurangan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Jumlah pendamping yang ada sekarang hanya 114 pendamping, sementara jumlah penerima program mencapai ribuan keluarga.

Koordinator PKH Kabupaten Serang Farhah Sybli mengatakan, saat ini pendamping PKH di Kabupaten Serang dirasa masih kurang. Sebab, para pendamping harus melayani ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sementara jumlah pendamping hanya sekitar 114 pendamping yang tersebar di desa-desa. Hal tersebut, dinilai masih kurang untuk melayani KPM yang ada.

“Pendamping yang ada itu hanya 114 pendamping. Jumlah KPM ada ribuan, menurut saya, jumlah pendamping masih kurang,” katanya kepada wartawan, Sabtu (20/4/2019).

Namun, tutur dia, meski dengan jumlah pendamping PKH yang terbatas, pihaknya mengharapkan, agar pendamping tetap mengawal program tersebut dengan sebaik-baiknya. Para pendamping PKH yang bertugas di wilayah Kabupaten Serang diharapkan dapat bekerja profesional. Sebab, program dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut, ditujukan untuk menekan angka kemiskinan.

Peran pendamping PKH salah satunya mengawal pelaksanaan program dari pemerintah dalam menekan angka kemiskinan. Khususnya tingkat kemiskinan di Kabupaten Serang. Pihaknya mengharapkan, agar tingkat kemiskinan di Kabupaten Serang dapat berkurang setiap tahunnya.

“Kami minta pendamping PKH bekerja secara profesional, karena kan angka kemiskinan di Kabupaten Serang harus terus ditekan. Sehingga, PKH ini juga harus tepat sasaran,” ujarnya.

Ia menuturkan, Pemkab Serang juga terus berupaya memfasilitasi kebutuhan para pendaping PKH dalam menjalankan tugasnya, salah satunya mengusulkan untuk memberikan kendaraan operasional kepada para pendamping. Terdapat 39 kendaraan operasional berupa sepeda motor untuk pendamping PKH di Kabupaten Serang.

“Alhamdulillah usulan kendaraan disetujui oleh bupati dan disampaikan ke pusat yang telah mengakomodir kebutuhan pendamping PKH. Kami mengusulkan tambahan kendaraan operasional para pendamping PKH di Kabupaten Serang,” ucapnya.

Ia mengatakan, selain kendaraan, terdapat juga beberapa kebutuhan lain yang diberikan. Sehingga, diharapkan dapat membantu memudahkan tugas para pendamping PKH di Kabupaten Serang. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bupati yang sudah mendukung dalam pemenuhan kebutuhan pendamping PKH,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here