Selasa, 22 Januari 2019

Kabupaten Lebak Raih 2 Penghargaan Nasional

LEBAK, (KB).- Pemerintah Kabupaten Lebak menerima dua penghargaan nasional dalam dua kategori berbeda, pada waktu dan tempat terpisah. Penghargaan pertama berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (PP dan PA).

Sedangkan penghargaan kedua berupa penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) dari Presiden RI. Penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) dari Presiden RI disematkan oleh Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmitapada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya pada acara puncak hari kesetiakawanan sosial (HKSN) di Lapangan Limboto Sport Center Provinsi Gorontalo, Kamis (20/12/2018).

SLKS merupakan tanda kehormatan yang diberikan sebagai penghargaan kepada warganegara Indonesia yang telah berjasa dalam lapangan perikemanusiaan pada umumnya, atau dalam suatu bidang urusan kemanusiaan pada khususnya. Penghargaan tersebut diberikan berkat dedikasi Pemerintah Kabupaten Lebak dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat program sosial yang sedang maupun telah dicanangkan.

Program tersebut di antaranya penanggulangan masalah sosial dengan menyediakan 1,2 hektare lahan kuburan bagi orang telantar, Ketua Yayasan Yatim Piatu Mulya Hati Insani, pendorong bedah rumah warga miskin dari iuran Korpri, pencetus pemasangan bendera di rumah ibu hamil, penggagas program Ujas (Undang Jemput Antar Selamat) bagi pasen miskin, serta perintis program Jamilah (Jaminan ibu hamil bermasalah). Selain itu, Iti Octavia juga sebagai Pembina yayasan bulan (Seribu hari kehidupan anak sejak dalam kandungan), penggagas program 1 rumah 1 sarjana, pencetus perda wajib diniyah, magrib mengaji dan zakat.

Dalam sambutannya, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, peringatan HKSN merupakan pengejawantahan dari makna yang terkandung di dalamnya, dan meneladani nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang esensinya adalah kepekaan sosial yang diwujudkan dalam karakter peduli, berbagi dalam suasana penuh toleransi. Mensos Agus berpesan, melalui peringatan HKSN, segenap elemen bangsa agar turut serta bersatu padu melakukan upaya mengembangkan nilai dan semangat kesetiakawanan sosial untuk mewujudkan Indonesia Sejahtera.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyatakan, penganugerahan SLKS yang kembali diterima Lebak merupakan kerja keras semua pihak, mulai dari jajaran pemerintah sampai seluruh lapisan masyarakat yang ikut berperan.
”Pemkab Lebak memang sangat serius memperhatikan masalah sosial. Berbagai program yang telah kita laksanakan untuk kemaslahatan masyarakat, sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Terima kasih kepada masyarakat Lebak, penghargaan ini berkat kita semua dan untuk seluruh masyarakat Lebak,” kata Bupati Iti.

Anugerah Parahita Ekapraya

Sehari sebelumnya, Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menerima penghargaan APE tahun 2018 dari Kementerian PP dan PA, yang diserahkan oleh Menteri PP dan PA, Yohana Yembise, dan disaksikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Selain pemberian penghargaan untuk Kabupaten Lebak, penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali dari Kementerian PP dan PA tahiun 2018 diberikan pula pada sembilan kementerian/lembaga, 22 provinsi, dan 159 kabupaten/kota. Wabup Ade Sumardi menyatakan, APE merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan peran kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Dijelaskan, penghargaan APE 2018 merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen dan peran kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Dimana Kementerian PP dan PA bekerja sama dengan tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan pengarusutamaan gender selama tahun 2018.

”Berdasarkan hasil evaluasi, telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Lebak sebagai salah satu penerima penghargaan APE tahun 2018. Anugerah ini berkat kerja bersama semua pihak, sehingga Kabupaten Lebak kembali mendapatkannya di tahun ini,” kata Wabup Ade Sumardi. (Lugay/TS)*


Sekilas Info

Anggota Dewan Partai Amanat Nasional Di-PAW

LEBAK, (KB).- Jarnuji Manap, anggota DPRD Lebak dari Partai Amanat Nasional (PAN) diganti dalam agenda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *