Kabupaten Lebak Kekurangan Guru ASN

LEBAK, (KB).- Kabupaten Lebak kekurangan ribuan tenaga guru berstatus aparatur sipil negara (ASN), sehingga mengangkat guru tidak tetap (GTT) untuk menutupi kekurangan tersebut. Meski demikian, kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap pengelolaan pendidikan di sekolah.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak, Wawan Ruswandi di Rangkasbitung, Selasa (17/9/2019). Dia mengatakan, kekurangan tenaga guru berstatus ASN itu tentu sangat berpengaruh terhadap pengelolaan pendidikan di sekolah-sekolah yang ada di Lebak baik pada jenjang SD maupun SMP.

“Karena itu, kami berharap tahun depan pemerintah dapat mengalokasikan kuota yang banyak untuk merekrut atau mengangkat guru berstatus ASN,” katanya.

Wawan menyebutkan, secara rinci Lebak masih kekurangan tenaga guru berstatus ASN jenjang SD dan SMP sebanyak 3.000 orang. Untuk menutupi kekurangan tenaga guru berstatus ASN, pihaknya terpaksa mengangkat guru tidak tetap (GTT).

Dia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Lebak setiap tahun mengusulkan pengangkatan status guru ASN untuk menutupi kekurangan guru tersebut. Namun, jumlah kuota penerimaan guru untuk Kabupaten Lebak relatif kecil dan tidak sebanding. Saat ini, kata dia, pengelola sekolah terpaksa merekrut GTT untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar itu.

Jumlah guru SD dan SMP di Kabupaten Lebak yang berstatus ASN tercatat di atas 6.000 orang. Sementara, kekurangan guru mencapai 3.000 orang untuk bertugas di 28 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Lebak.

Meskipun Lebak kekurangan guru berstatus ASN, tetapi pihak sekolah mengedepankan kualitas mutu pendidikan. Di antaranya, mengoptimalkan pelatihan pedagogik (kependidikan), workshop, dan kegiatan bintek kependidikan.

Selain itu juga memberdayakan Kegiatan Kerja Guru (KKG) jenjang guru SD dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk guru SMP. “Kami bekerja keras untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan guna mempersiapkan pendidikan yang unggul dan berkompetitif,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here