Kabar Banten dan Baznas Banten Bagikan Zakat untuk Loper Koran

Ketua Baznas Provinsi Ketua Baznas Banten Prof. Dr. H. Suparman Usman, SH, didampingi Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Kabar Banten) Rachmat Ginandjar, dan Wakil Ketua Baznas Banten H. Humaedi, menyerahkan zakat secara simbolis kepada salah satu penerima zakat di halaman kantor Kabar Banten, Jumat (6/12/2019). Pada Kegiatan tersebut, Baznas bersama Kabar Banten menyerahkan zakat kepada 126 loper koran, 54 anak yatim duafa di lingkungan kantor Kabar Banten dan 9 untuk yatim keluarga karyawan.*

SERANG, (KB).- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kabar Banten dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banten membagikan zakat untuk 126 loper koran, 54 anak yatim duafa di lingkungan kantor Kabar Banten dan 9 untuk yatim keluarga karyawan. Pembagian zakat ini dalam rangka HUT ke-19 Kabar Banten dan menjelang Milad ke-17 Baznas Banten.

Pembagian zakat dilakukan secara simbolis oleh Ketua Baznas Banten Prof. Dr. H. Suparman Usman, SH, Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Kabar Banten) Rachmat Ginandjar, Wakil Ketua Baznas Banten H. Humaedi dan Pemimpin Redaksi Kabar Banten Maksuni Husen di halaman kantor Kabar Banten, Jumat (6/12/2019).

Hadir dalam acara tersebut Ketua UPZ Kabar Banten Ratu Nila Ratmasari, Ketua RW Pekojan Sumur Pecung, tokoh masyarakat dan karyawan Kabar Banten.

Ketua Baznas Provinsi Banten Suparman Usman mengatakan, Baznas memiliki tugas yakni mengumpulkan, mendistribusikan dan mempertanggungjawabkan dari pengelolaan zakat.

“Pembagian zakat untuk loper koran dan yatim duafa ini merupakan kerja sama Baznas Banten dan UPZ Kabar Banten. Kami sudah lama bekerja sama dengan Kabar Banten. Alhamdulillah kami banyak melakukan kerja sama dalam rangka meningkatkan perolehan zakat. Kami sadar, Baznas banyak keterbatasan. Oleh karena itu, perlu bekerja sama dengan berbagai pihak,” katanya.

Suparman mengatakan, Baznas Banten akan menginjak usia 17 tahun. Selama kurun waktu tersebut perolehan zakat yang dikumpulkan Baznas Banten terus meningkat.

“Tahun 2019 ini raihan zakat hampir mendekati Rp 8 miliar. Jika dibandingkan dengan waktu pertama kali berdiri yang mencapai Rp 154 juta, ini tentu bukti kepercayaan masyarakat Banten kepada Baznas makin meningkat. Untuk perolehan zakat se-Banten mencapai Rp 60 miliar,” ujar Suparman.

Ia mengatakan, menjelang akhir tahun 2019 pihaknya membagikan zakat yakni berupa bantuan kacamata gratis untuk pelajar, bantuan penyandang disabilitas, program pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu), bantuan warga lanjut usia (lansia), program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS), dan Rabu (4/12/2019) bekerja sama dengan Wali Care dalam pembangunan Musala Indah (Muin).

Direktur Kabar Banten Rachmat Ginandjar mengatakan, pembagian zakat ini atas kerja sama dengan Baznas Banten merupakan yang kedua kali.

“Kami sangat berterima kasih kepada Baznas Banten atas kerja sama selama ini. Media juga tidak hanya memproduksi berita tetapi juga aktif dalam kegiatan sosial,” tuturnya.

Rachmat menyampaikan terima kasih kepada loper koran yang telah menyebarkan Kabar Banten kepada pembaca. “Tanpa loper koran, produksi berita yang kami buat dalam koran tidak akan tersebut kepada pembaca,” ucapnya. (MH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here