Jurus Silat Kaserangan Diapresiasi Aktor Laga Indonesia

Aktor laga Indonesia Yayan Ruhian turut hadir meramaikan Festival Silat Kaserangan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di Pantai Pal Anyer, Kamis (18/7/2019). Aktor laga yang sudah membintangi film internasional ini mengapresiasi Jurus Silat Kaserangan.

Menurutnya tidak banyak pemerintah daerah yang menggelar festival pencak silat hingga menciptakan satu jurus yang dilombakan. Aktor laga yang sukses dengan karakter Mad Dog dalam Film The Raid ini, ikut memeragakan Silat Kaserangan bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, para undangan dan ratusan pesilat di Pantai Pal Anyer.

Yayan berharap generasi muda memanfaatkan dukungan Pemkab Serang untuk melestarikan pencak silat. “Festival silat ini bisa dijadikan kesempatan bagi generasi muda untuk tetap menjaga budaya, menjaga bela diri warisan leluhur,” kata Yayan, dalam Rilis Pemkab Serang yang diterima Kabar Banten, Kamis (18/7/2019).

Tidak hanya memberikan motivasi melalui sambutan di depan para generasi muda yang berkompetisi pada Festival Jurus Silat Kaserangan, Yayan pun unjuk gigi. Salah satu aktor dalam film John Wick 3 ini memperagakan ilmu bela dirinya.

Menurut Yayan, pencak silat merupakan bela diri yang dikagumi dunia. Bahkan para aktor bela diri internasional menemukan hal berbeda dari pencak silat. “Jangan sampai lima sampai 10 tahun ke depan, budaya Bangsa Indonesia lebih banyak dikuasai oleh Bangsa luar. Karena saat ini, semakin banyak orang-orang dari luar, khusus datang ke Indonesia untuk belajar pencak silat,” ujarnya.

Ia meminta generasi muda menjadikan pencak silat sebagai hobi yang bisa mengukir prestasi. “Saat kalian bisa melestarikan budaya, kalian juga bisa mengukir prestasi,” ucapnya.

Yayan mengatakan, seluruh pihak diharapkan terus melestarikan pencak silat sebagai Budaya Bangsa Indonesia. “Mari kita ungkapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Serang dan pejabat di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan terima kasih atas kehadiran Yayan dalam Festival Jurus Silat Kaserangan. Jurus yang diciptakan oleh 13 sesepuh pendekar dari 12 aliran silat di Kabupaten Serang. “Semoga kehadiran Kang Yayan bisa memotivasi generasi muda di Kabupaten Serang untuk lebih mencintai pencak silat,” ujarnya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here