Juni, Pendaftaran SBMPTN Dibuka

SERANG, (KB).- Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sholeh Hidayat mengimbau kepada pelajar yang mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), untuk mendaftar Juni mendatang.

“Bagi peserta yang sudah mengikuti UTBK agar tidak lupa untuk mendaftar pada Juni mendatang. Saya juga mengingatkan kepada orangtua yang kemarin mengantarkan anaknya saat mengikuti UTBK, nanti mendaftar SBMPTN pada 10-24 Juni mendatang. Dengan diketahui hasil tes tersebut akan menjadi pertimbangan lebih matang kepada mahasiswa untuk memilih Program Studi (Prodi),” kata Sholeh saat ditemui di Ruang Rektorat Untirta, Rabu (15/5/2019).

Selain itu, ia mengatakan, masyarakat perlu tahu pada jalur SBMPTN mengalami perbedaan dengan tahun sekarang, yakni mengikuti UTBK terlebih dahulu baru mendaftar SBMPTN. Hal tersebut menggunakan nilai yang sudah diperoleh dari UTBK, untuk dapat memilih Program Studi (Prodi) yang diinginkan sesuai dengan kemampuan di bidangnya.

“Pada SBMPTN sebelumnya itu daftar kemudian mengikuti ujian, sekarang ujian dahulu baru mendaftar SBMPTN. Hasil UTBK tersebut diumumkan sepuluh hari setelah mengikuti tes akan mendapatkan nilai dan sertifikat,” tuturnya.

Ia mengatakan, hasil UTBK tersebut dapat digunakan untuk mendaftar. Jadi bagi pelajar yang mengikuti UTBK setelah mengikuti tes, harus melakukan pendaftaran pada 10 Juni mendatang diharapkan agar untuk diingat.

“Mereka baru menampung nilai, dan UTBK sendiri sudah memasuki gelombang kedua yakni pada 11-26 Mei mendatang, setelah itu mereka akan mendaftar SBMPTN,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here