Jumlah Kelahiran di Kota Tangerang Meningkat

Jumlah angka kelahiran di Kota Tangerang mengalami peningkatan. Tercatat pada 2016 angka kelahiran sebanyak 45.930, sementara hingga akhir September 2017 kemarin jumlah kelahiran mencapai 56.234, yakni 27.278 bayi laki-laki dan 28.956 bayi perempuan.

Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Erlan Rusnarlan mengatakan, sebagai warga negara yang baik diharapkan membuat akta kelahiran. “Akta kelahiran sangat diperlukan dan merupakan syarat penting sebagai seorang warga,” katanya, Jumat (13/10/2017).

Dengan jumlah kelahiran sebanyak 56.234 pada September 2017, ujar dia, tentu diprediksi akan terus bertambah hingga akhir tahun. Namun, masih ada ratusan anak yang belum mendapatkan akta.
“Baru sekitar 55.529 bayi yang didaftarkan untuk pembuatan akta kelahiran, jadi masih terdapat 705 bayi yang belum didaftarkan pada bulan ini,” ucapnya

Ia melanjutkan, pihaknya akan mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah di Kota Tangerang sebagai pelayanan dan mempermudah masyarakat membuat akta. “Sekarang kami sedang fokus untuk pembuatan akta lahir pada kalangan pelajar, mulai dari TK sampai SMA,” tuturnya.

Menurut dia, akta kelahiran sangat penting untuk digunakan sebagai salah satu syarat, seperti mendaftar sekolah, melamar kerja, membuat KTP, dan bepergian keluar negeri. “Jumlah penduduk di Kota Tangerang akan terus mengalami perubahan, contohnya dalam waktu sehari saja sebanyak 200 orang datang dan yang pindah sebanyak 160 orang,” katanya. (Dewi Agustini)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here