Selasa, 20 November 2018

Jumlah Calon Haji Diprediksi Meningkat

PANDEGLANG, (KB).- Jumlah pendaftar jemaah calon haji (calhaj) di Kabupaten Pandeglang, diprediksi mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah peserta calhaj itu terjadi karena pasca adanya kebijakan dana talangan yang diterapkan pemerintah tahun 2011 lalu.

“Jumlah calhaj yang masuk daftar tunggu untuk keberangkatan tahun 2018 nanti mencapai 848 orang. Saya berharap kuotanya bisa ditambah, dari dua kloter menjadi tiga kloter,” kata Kepala seksi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Pandeglang, Wawan Sopyan kepada Kabar Banten, Senin (6/11/2017).

Menurut dia, jumlah calhaj yang masuk daftar tunggu meningkat tahun 2011, dengan kuota 2.700 calhaj, dan tahun 2013, sebanyak 3.200 orang. Peningkatan itu terjadi pasca diterapkannya kebijakan dana talangan tahun 2011 lalu.

Naiknya jumlah pendaftar calhaj diharapkan bisa disertai dengan penambahan kuota, sehingga jumlah daftar tunggu bisa berkurang. “Tahun 2017 kuotanya sekitar 770 orang. Di tahun 2018 nanti, mudah-mudahan bertambah kuotanya minimal bisa memberangkatkan sisa daftar tunggu pada tahun 2011,” ujarnya.

Menurutnya, untuk jemaah haji Pandeglang mendekati normal kembali, karena sekarang kita mendapatkan kuota yang berangkat haji sebanyak 745 orang. Adanya penambahan kuota itu, berdampak langsung terhadap daftar tunggu jemaah haji.

Dari yang sebelumnya daftar haji di Pandeglang mencapai 18 tahun, namun kini hanya 12 tahun. ”Otomatis waiting list jadi maju, karena kita sudah mendapatkan penambahan kuota. Awalnya waiting list 18 tahun, sekarang ada kemajuan jadi 12 tahun. Tapi, ya bisa maju , tapi nunggunya sekitar 7 tahun,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Pandeglang, Tjetjep Munadjat menyambut baik akan ada penambahan kuota haji untuk Pandeglang. Hal itu akan mempermudah dan memperlancar para calon haji asal Pandeglang. “Mudah-mudahan penambahan kuota haji ini bisa pasti, dan tidak berubah. Sebab, selama ini warga di Pandeglang antusias untuk melaksanakan ibadah haji ke Mekkah,” ucapnya.

Pihaknya meminta agar pemerintah daerah terus memberikan kemudahan bagi warga yang akan menunaikan ibadah haji. Sebab, dengan membantu program ibadah haji akan membuahkan pahala baik bagi pemerintah maupun instansi terkait seperti Kementerian Agama. (PG)***


Sekilas Info

Dinas Pariwisata Pandeglang: Target PAD Wisata Baru 80 Persen

PANDEGLANG, (KB).- Dinas Pariwisata (Dispar) Pandeglang baru mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 480 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *