Jumat ini, Pemkot Serang Bahas Kesiapan Kenormalan Baru

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang saat ini sedang bersiap untuk menerapkan norma tatanan kenormalan baru yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Persiapan tersebut akan diawali rapat bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan pelaku usaha pada Jumat (29/5/2020).

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, pihaknya akan mengundang gugus tugas bersama pelaku usaha yang ada di Kota Serang seperti perhotelan, ritel dan sebagainya.

“Rencananya hari Jumat (29/5/2020) kami akan mengumpulkan gugus tugas bersama pelaku usaha terkait dengan “new normal” di Kota Serang,” katanya, Rabu (27/5/2020).

Ia menjelaskan, dalam rapat tersebut pihaknya akan membahas tentang kesiapan pemberlakuan kenormalan baru, sehingga pemberlakuan tersebut sesuai dengan syarat penerapan yang berlaku.

“Jadi nanti kami bahas, apakah akan dilaksanakan atau tidaknya “new normal” di Kota Serang,” ucapnya.

Penerapan kenormalan baru, kata dia, sebagai salah satu bentuk penyelamatan perekonomian di Indonesia, khususnya di Kota Serang. Hal ini pun diharapkan dapat menekan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Kalau kami tidak frustasi, karena memang ini dari pemerintah pusat. Maka, kami pun di Kota Serang harus menjalankannya,” ujarnya.

Meski kenormalan baru akan diterapkan, pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti biasanya. Dengan harapan, dapat menekan penyebaran Covid-19 di Banten, khususnya di Kota Serang.

“Misalnya di restoran, kalau ada pengunjung yang tidak menggunakan masker tidak dilayani. Begitu pun dengan sektor lainnya, jadi protokol kesehatan tetap harus diperhatikan,” katanya.

Subadri menuturkan, penanganan Covid-19 di Kota Serang dengan kenormalan baru dapat berjalan lancar, bila masyarakatnya sadar akan pentingnya kesehatan dan pencegahan virus ini.

“Optimis atau tidaknya bergantung masyarakat, kami bersama gugus tugas terus berupaya. Tapi sehebat apapun upaya pemerintah akan sia-sia bila tidak didukung oleh masyarakat,” ujarnya.

Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, untuk merespon hal tersebut pihaknya akan membuat surat untuk mengundang gugus tugas dan pelaku usaha yang ada di Kota Serang.

“Sesuai instruksi wakil wali kota, kami akan rapat bersama dengan pelaku usaha tentang pemberlakuan “new normal”. Tapi nanti tetap akan sesuai dengan prinsip dasar penanganan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ucapnya.

Penerapan kenormalan baru, dikatakannya, akan tetap mengacu pada keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) Nomor 01.07 tahun 2020 tentang penanganan Covid-19 yang didalamnya mengatur pemulihan ekonomi dan sektor industri.

“Pembukaan dunia usaha akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan fasenya. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here