Kamis, 21 Februari 2019
Presiden Jokowi Saat mengunjungi Kawasan Banten Lama.*

Jokowi Siap Bantu Revitalisasi Kawasan Banten Lama

SERANG, (KB).- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi dan dukungan terhadap revitalisasi kawasan Banten Lama yang saat ini sedang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Presiden Jokowi juga akan memberikan bantuan terhadap revitalisasi kawasan cagar budaya tersebut.

“Presiden mengapresiasi pembangunan ini dan meskipun gak janji, insy Allah mau bantu,” kata WH usai mendampingi kunjungan Presiden RI Jokowi ke Banten Lama, di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Sabtu (3/11/2018).

WH menuturkan, Jokowi menyarankan agar Pemprov Banten mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat. Isyarat Jokowi akan memberikan bantuan juga sempat terlihat saat WH berkunjung ke Istana Bogor. “Pas ke Istana Bogor saya melaporkan soal progres revitalisasi Banten Lama. Kata Presiden apa yang bisa dibantu pemerintah pusat,” ujarnya.

Menurut WH, Banten Lama diproyeksikan menjadi salah satu tempat wisata religi di Banten yang bisa bertaraf internasional. Kesultanan Banten memberikan banyak pelajaran terutama sejarah Kesultanan Banten yang pernah berjaya. “Saya itu sultan berjuang untuk rakyat di bidang ekonomi dan dakwah,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah menuturkan, kunjungan Jokowi ke Banten Lama menjadi kegembiraan bagi masyarakat Banten. Ia menyambut baik kunjungan tersebut sebagai bentuk kepedulian Jokowi kepada Banten Lama. “Kami sebagai warga Banten merasa bergembira,” tuturnya.

Dalam kunjungannya itu, Presiden RI Jokowi didampingi Gubernur Banten Wahidin Halim, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Banten dan sejumlah ulama.

Sebelum berkunjung ke Banten Lama, Jokowi yang juga sebagai calon presiden RI pada Pilpres 2019 mengikuti deklarasi dukungan keluarga besar Tubagus Chasan Sochib bersama para ulama, pendekar Banten dan Relawan Banten Bersatu (RBB) di GOR Maulana Yusuf, Kota Serang.

Proyek nasional di Banten

Dalam acara deklarasi, Capres 01 Jokowi menyampaikan sejumlah proyek nasional di Banten. Program pemerintah pusat yang sedang dijalankan di Provinsi Banten tersebut, di antaranya Waduk Karian dan Sindanghela, Jalan Tol Serang-Panimbang, Jalan Tol Serpong-Balaraja dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Ia menyadari seluruhnya masih dalam proses, karena sejatinya proyek pembangunan membutuhkan proses. “Perlu waktu, membangun bangunan seperti itu memerlukan waktu, hasilnya juga memerlukan waktu, tidak membalikkan tangan kemudian berubah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan sejumlah program pemerintah yang telah dilaksanakan selama kepemimpinannya, tidak terkecuali di Provinsi Banten. Dia mengatakan, dirinya sudah berkali-kali ke Banten memberikan kartu indonesia pintar (KIP).

“Banyak yang tahu, banyak yang belum. Oleh sebab itu, saya sampaikan, rakyat sudah banyak yang menerima ini. Kalau di Banten dihitung berapa yang sudah menerima,” katanya.

Menurut dia, perlu dihitung juga berapa ratus ribu warga Banten yang telah mendapatkan kartu Indonesia sehat (KIS), penerima program keluarga harapan (PKH), program padat karya dan program pembagian sertifikat tanah. “Tolong dihitung apakah untuk Banten masih kurang. Nanti biar Pak Andika (Wakil Gubernur Banten) yang ngitung. Kalau kurang, berarti perlu ditambah,” tuturnya. (SN)*


Sekilas Info

Renstra Harus Sesuai Arah Pembangunan Kota Serang

SERANG, (KB).- Rencana strategis (Renstra) 2019-2023 dan rencana kerja (Renja) organisasi perangkat daerah (OPD) 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *