‘Job Fair’ Diklaim Efektif Atasi Pengangguran

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengagendakan gelaran job fair (bursa kerja) menjadi agenda tahunan. Hal tersebut, karena job fair dianggap efektif dalam mengentaskan persoalan pengangguran.

Kepala Dinas Ketengakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang Ahmad Banbela mengatakan, gelaran job fair tahun 2020 akan disesuaikan dengan kelulusan siswa tingkat SMA/SMK.

“Sangat efektif menyerap tenaga kerja. Job fair tahun depan bertepatan dengan kelulusan siswa, karena sudah jadi agenda tahunan Kota Serang,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Senin (19/8/2019).

Ia menuturkan, setelah job fair yang digelar pada Selasa hingga Rabu (23-24/7/2019) lalu, saat ini perusahaan yang melakukan perekrutan sudah melakukan proses wawancara terhadap pelamar. Ada juga beberapa perusahaan yang sudah mulai mempekerjakan pelamar dari hasil job fair.

“Ada yang tahapan wawancara, ada yang sudah mulai diterima. Tapi, belum menerima secara keseluruhan, sehingga belum bisa berani memberikan laporan ke kami,” ucapnya.

Meski demikian, ujar dia, pihaknya tidak hanya mengandalkan gelaran job fair. Tetapi, terus melakukan berbagai upaya dalam mengentaskan masalah pengangguran. Seperti dalam waktu dekat ini, salah satu mal yang ada di Kota Serang berencana membuka rekrutmen pekerja di Disnakertrans Kota Serang.

“Kami berharap, kalau yang dekat bisa menyerap dari tenaga kerja asal Kota Serang,” tuturnya.

Selain itu, dalam waktu dekat juga salah satu sekolah kejuruan di Kota Serang akan menggelar job matching dengan beberapa perusahaan. Hal tersebut, berdasarkan permintaan pihak sekolah untuk bisa menyalurkan alumni-alumninya ke dunia kerja.

“Setelah Serang Fair ada job matching, itu atas permintaan sekolah SMK terhadap kementerian, agar memprioritaskan alumninya,” katanya.

Selanjutnya, ujar dia, job fair yang digelar Juli lalu diikuti sekitar 11.000 pelamar yang berasal dari Kota Serang, Kabupaten Serang, beberapa kabupaten/kota di Provinsi Banten, dan sekitar 300 pelamar dari luar Provinsi Banten.

Ada 35 perusahaan yang melakukan rekrutmen dengan 7.216 formasi disediakan. “Kalau perusahaan yang banyak diminati itu Lun Chong dan Mayora,” ucapnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here