JLS Kota Cilegon Jadi Jalan Aat Rusli

Pekerja melaksanakan proyek pembangunan Taman Median Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon beberapa waktu yang lalu. Pemkot Cilegon memutuskan mengubah nama jalan tersebut menjadi Jalan Aat Rusli.*

CILEGON, (KB).- Pemkot Cilegon memutuskan mengubah nama Jalan Lingkar Selatan (JLS) menjadi Jalan Aat Rusli. Kedua nama tersebut, merupakan gabungan dari pasangan Wali Kota Cilegon pertama, yakni Tubagus Aat Syafaat dan Rusli Ridwan.

Peresmian nama baru untuk jalan yang menghubungkan Tol Cilegon Timur dan Kawasan Wisata Anyer ini, dilakukan pada acara Riung Mumpulung HUT Ke-20 Kota Cilegon, di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Sabtu (27/4/2019).

Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, pemberian nama Jalan Aat Rusli cukup pantas, lantaran dua tokoh Cilegon ini memiliki andil besar dalam perencanaan JLS. “Pak Aat dan Pak Rusli ini pelopor JLS. Melalui mereka, pembangunan JLS tercetus,” katanya.

Menurut Edi, pemberian nama jalan ini sebagai penghormatan untuk kedua tokoh tersebut. Tidak hanya JLS, namun Pemkot Cilegon juga mengubah nama Jalan Bonakarta menjadi Jalan Gwangyang.

“Nah, kalau nama Gwangyang untuk menghormati kerja sama antara Pemkot Cilegon dengan Pemerintah Korsel (Korea Selatan). Sama seperti di Cilegon, di Korsel pun ada nama jalan yang dinamai Cilegon,” ujarnya.

Terkait perubahan nama JLS, Ratu Ati Marliati selaku anak sulung almarhum Tubagus Aat Syafaat, mengapresiasi penghormatan Pemkot Cilegon. Dia menuturkan JLS telah berfungsi seperti yang diharapkan ayahnya, yakni membuka perekonomian baru bagi masyarakat perbatasan Kota Cilegon.

“Harapan Pak Aat dulu, ingin meningkatkan perekonomian masyarakat di perbatasan Cilegon – Serang. Maka itu ingin membuat jalan yang membuka kawasan perbatasan. Sekarang jalan itu sudah berfungsi sesuai dengan harapan Pak Aat,” ucap Ati. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here