Jika Tak Tangkap Peluang APBN, Kepala OPD Harus Dievaluasi

SERANG, (KB).- Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah meminta agar kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dievaluasi jika tidak bisa menangkap peluang APBN untuk ditarik ke Banten. Menurutnya, OPD juga harus punya inovasi dan kreativitas untuk menyerap APBD dalam konteks pembangunan di Provinsi Banten. “Ya kita lihat saja nanti, kan ditenggat 15 Mei ini menyerahkan usulan. Kalau sampai batas itu ternyata ada OPD yang tidak menangkap peluang itu, perlu dievaluasi kepalanya. Kenapa? Karena dia tidak becus jadi kepala dinas atau memang tidak memahami,” ujar Asep, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/5/2017).

Menurutnya, kepala OPD harus jemput bola memanfaatkan APBN untuk pembangunan Provinsi Banten. “OPD harus memiliki inovasi dalam konteks bagaimana menyerap APBN untuk pembangunan provinsi. Bagaimana menggerakkan semua bidang supaya punya kegiatan. Baik dari sisi pariwisata, infrastruktur dan lainnya,” ujarnya. Asep sependapat dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Hudaya Latuconsina agar OPD tidak hanya mengandalkan APBD. “Kami DPRD mendukung itu, OPD jangan hanya mengandalkan APBD. Sementara program pusat banyak dari kementerian, ruang itu bisa didapat kenapa tidak dilakukan. Kalau DPRD kan berbicara persoalan APBD yang kita kelola saja. Misalnya meningkatkan pendapatan, menyusun RKPD,” kata Asep.

Kasubid Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan (P4), Daiman menuturkan, saat ini usulan dari OPD masih diinput. “Masih diinput datanya, kemungkinan semua data sudah bisa keluar Jumat. Ini khusus untuk DAK fisik, kalau yang non fisik menggunakan sistem yang berbeda,” ujar Daiman, kepada wartawan, kemarin. Sebelumnya, Kepala (Bappeda) Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, OPD di lingkungan Pemprov Banten diminta segera mengusulkan anggaran (APBN) untuk proyek fisik 2018 ke kementerian masing-masing. Dari 15 OPD, baru empat yang sudah mengusulkan ke kementerian masing-masing, yakni Dinkes, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. (H-42)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here