Jembatan Cibodas Nyaris Ambruk

JEMBATAN Cibodas penghubung Desa Umbuljaya dan Desa Bojongjuruh, Kecamatan Banjarsari, ambles. Seorang warga tampak menunjukkan bagian pondasi jembatan yang ambles.*

LEBAK, (KB).- Jembatan Cibodas penghubung Desa Umbuljaya dan Desa Bojongjuruh, Kecamatan Banjarsari, ambles dan bahkan nyaris ambruk akibat diterjang banjir, Jumat (22/3/2019). Kondisi tersebut menyebabkan akses transportasi warga di wilayah itu nyaris lumpuh.

“Kondisi bagian pondasi penyangga jembatan ambles. Jembatan sama sekali sudah tidak bisa dilalui kendaraan,” kata salah seorang warga, Hengki, Jumat (22/3/2019).

Ia menuturkan, penyebab jembatan rusak akibat diterjang banjir. Sebelumnya, kondisi jembatan memang sudah rusak dan tidak dilakukan perbaikan oleh pemerintah. Akibat kondisi jembatan lapuk itu lah, kemungkinan tak mampu menahan derasnya air banjir.

“Sebelumnya juga sudah rusak. Mungkin pas dihantam banjir, pondasi tak kuat menahan derasnya air,” katanya.

Menurut dia, saat ini jembatan terpaksa ditutup untuk kendaraan. Hal itu terpaksa dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan.Untuk sementara, jembatan hanya bisa dilalui pejalan kaki saja.

“Kendaraan sama sekali tak bisa dilalui. Kalau pun tetap dipaksakan, khawatir terjadi sesuatu hal tak diinginkan,” ucapnya.

Warga berharap, pemerintah segera memperbaiki kondisi jembatan tersebut. Sebab, akibat jembatan ambles, akses transportasi warga antar desa di wilayah itu nyaris lumpuh. Untuk bisa menempuh jalur ke desa lain, warga harus memutar arah dengan jarak yang cukup jauh.

“Harus segera diperbaiki. Kalau tidak warga bisa terisolasi,” katanya. Selain itu, jika nanti diperbaiki kondisi jembatan juga harus tinggi. Itu karena, jembatan memang langganan terendam banjir. Sehingga, hal itu lah yang menyebabkan jembatan cepat rusak.

“Jembatan ini posisinya sangat pendek. Jadi kalau hujan dan air sungai meluap, jembatan selalu terendam banjir,” ucapnya.

Terpisah, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Banjarsari, Beni, membenarkan Jembatan Cibodas ambles akibat diterjang banjir. Tidak ada korban pada insiden tersebut. Hanya saja, kondisi itu menyebabkan warga kesulitan melintas terlebih menggunakan roda empat.

“Alhamdulillah tidak ada korban. Hanya saja mengganggu aktivitas warga terutama kegiatan usaha yang harus menggunakan kendaraan roda empat. Kita juga sudah koordinasi dengan pihak pemerintah mengenai penanggulangannya,” katanya. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here