Jemaah Haji Asal Malingping Meninggal Dunia di Mekah

Gita Permana (keluarga) menunjukkan foto H Ali Nuhri Sukari bin Sukari jemaah haji asal Malingping yang meninggal dunia di Mekah usai melaksanakan rangkaian ibadah haji.

LEBAK, (KB).- Seorang jemaah haji warga Kampung Simpang RT01/RW01 Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, H Ali Nuhri Sukari bin Sukari tutup usia di tanah suci Mekah, Arab Saudi, Kamis (15/8/2019) sekitar pukul 13.24 WAS.

Jemaah haji asal Malingping dengan nomor paspor C3924600 Kloter JKG 53 tersebut dikabarkan meninggal dunia setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji yakni tawaf ifadah, sa’i dan tahalul.

Putra almarhum Ali Nuhri, Gita Permana kepada sejumlah wartawan mengatakan, kabar kepergian ayahandanya diperoleh pihak keluarga dari salah seorang jemaah haji yang tinggal sekamar dengan almarhum Ali Nuhri Sukari.

“Mendengar informasi itu kami konfirmasi ke Kemenag Lebak, dan ternyata informasi meninggalnya bapak kami itu benar,” ujarnya.

Pihak keluarga, lanjut Permana, menerima kepergian ayahnya dengan ikhlas. Selain merupakan takdir dari Allah SWT juga merupakan keinginan almarhum sebelum berangkat ke tanah suci Mekah.

“Sebelum berangkat beliau sangat menginginkan meninggal di tanah suci, ini selau diucapkannya sebelum berangkat menunaikan ibadah haji,” tuturnya.

Menurut Permana, kepergian ayahandanya mendadak setelah tawaf akhir. Diduga karena penyakit gula yang dideritanya.

“Memang beliau menderita penyakit gula. Sudah gak kuat berjalan jauh, kalau berjalan jauh langsung down. Insya Allah kami disini (rumah) akan menggelar tahlilan,” imbuhnya.

Permana menambahkan, saat ini yang membuat bingung dan khawatir yakni keberadaan ibundanya yang masih di Mekah sepeninggal almarhum H Ali Nuhri.

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Lebak, Humaedi Hakim membenarkan meninggalnya jemaah haji asal Malingping tersebut. Ia mengatakan, pihak keluarga tidak perlu mengkhawatirkan Eha Julaeha (istri almarhum), karena jemaah haji didampingi petugas.

“Sudah ada petugas disana (Arab Saudi). Ibu Hj Eha Julaeha dan jemaah haji lainnya akan didampingi petugas,” katanya.

Menurut pantauan, suasana duka menyelimuti rumah keluarga almarhum H Ali Nuhri, Jum’at (16/8/2019). Tampak bendera kuning sebagai tanda terpasang di depan rumah. Sejumlah warga yang melayatpun terus berdatangan. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here